Fitriana, Nur (2016) Perilaku keagamaan peserta didik SMKN-5 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh perilaku peserta didik yang memperlihatkan adanya perilaku tidak sesuai dengan norma-norma dalam agama Islam. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah bagaimana perilaku keagamaan peserta didik SMKN-5 Palangka Raya yang berhubungan dengan Allah dan perilaku terhadap sesama (orang tua dan diri sendiri). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku keagamaan peserta didik yang berhubungan dengan Allah, perilaku terhadap orang tua, dan perilaku terhadap diri sendiri.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 13 orang peserta didik SMKN-5 Palangka Raya yang beragama Islam. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan empat tahapan analisis data yaitu: 1) data collection, 2) data reduction, 3) data display, 4) Conclusion Drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perilaku keagamaan peserta didik yang berhubungan terhadap Allah dalam hal ibadah seperti shalat fardhu, puasa ramadhan dan membaca Al-Qur’an, dari keseluruhan subjek penelitian kurang mempunyai kepedulian terhadap ibadah tersebut yang disebabkan oleh ketidakpahaman siswa terhadap ibadah itu sendiri, kurang mendapat bimbingan agama dari guru dan keluarga serta teman sebaya yang kurang memiliki perhatian dalam mengamalkan ibadah tersebut. (2) Perilaku keagamaan peserta didik terhadap orang tua menunjukkan keseluruhan subjek penelitian selalu berusaha berbuat baik kepada kedua orang tua seperti membantu dalam hal pekerjaan rumah dan mendengarkan nasehat orang tua. Berbicara dengan baik kepada orang tua dan mendo’akan mereka selepas shalat fardhu. Perilaku tersebut selaras dengan perintah Allah agar selalu berbuat baik terhadap orang tua, bersikap merendahkan diri dan mendo’akan orang tua agar mereka selalu dalam ampunan dan kasih sayang Allah. (3) Perilaku keagamaan peserta didik terhadap diri sendiri dapat dilihat dari segi perbuatan dan perkataan. Dari segi perbuatan terdapat 5 subjek dari 13 subjek penelitian yang masih belum maksimal dalam menutup aurat dan 5 subjek dari 13 subjek penelitian yang berperilaku kurang baik seperti membolos, merokok dan bersikap tidak jujur. Adapun dari segi perkataan seluruh subjek masih terbiasa berbicara kurang sopan saat berbicara dengan guru seperti menggunakan bahasa yang biasa digunakan kepada sesama teman dan berkata-kata kotor ketika berbicara kepada teman.
ABSTRACT
This study is motivated by the behavior of learners who demonstrate their behavior does not correspond to the norms of the religion of Islam. Issues raised in their study is how the religious behavior of learners SMKN-5 Palangkaraya related to God and behavior toward others (parents and yourself). This study aimed to determine the religious behavior of learners related to God, the behavior toward the parents, and behavior towards oneself.
This study method used descriptive qualitative approach to the subject of the study amounted to 13 learners SMKN-5 Palangkaraya the Islamic religion. Research data collection techniques are used are observation, interview and documentation. This study uses four stages of data analysis are: 1) the data collection, 2) Data reduction, 3) the data display, 4) Conclusion Drawing / Verification.
The results showed that (1) Religious behavior of learners related to God in worship such as obligatory praying,Ramadan fasting and reading the Qur'an, of the overall study subjects have less concern for the worship that is due to the unfamiliarity of students to worship itself, lacking religious guidance from teachers and family and peers who have less attention in the practice of worship. (2) Religious behavior of students toward parents to show the whole subject of study has always tried to do good to both parents as helpful in terms of homework and listen to the advice of their parents. Speaking with both parents and praying for the parents so that they are always in the mercy and compassion of God. (3) Religious behavior of learners with yourself can be viewed in terms of actions and words. In terms of the act are 5 subject of 13 research subjects were still not up to close the genitals and 5 subject of 13 study subjects who behave less well as ditching, smoking and being dishonest. The terms of the words of the whole subject is still used to speak less polite when talking to teachers like using ordinary language used to fellow friends and say dirty when talking to a friend
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Keagamaan; peserta didik; remaja; pendidikan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 01:10 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 01:10 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/551 |
Actions (login required)
View Item |