Suparmi, Suparmi (2008) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada masyarakat Desa Bumi Harjo Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat. Undergraduate thesis, IA.
Text
Suparmi - 010110429.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pendidikan Islam yang dilaksanakan oleh para ustadz/ustadzah di masyarakat melalui individu maupun kelompok yang diselenggarakan di tempat- tempat ibadah atau di rumah-rumah termasuk pendidikan Islam non formal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas ustadz/ustadzah, untuk mengetahui materi yang diberikan, mengetahui metode/pendekatan pembelajaran dan mengetahui hasil pendidikan agama tersebut. Permasalahan yang diangkat adalah, bagaimana pencapaian tujuan pendidikan Islam yang diselenggarakan pada masyarakat desa itu, maka dirinci menjadi bagaimana kerja ustadz/ustadzah, bagaimana materi yang diberikan, bagaimana metode, pendekatannya sehingga dapat diketahui hasil Pendidikan Agama Islam tersebut.
Penelitian ini menggunakan perspektif kualitatif, dengan subyek penelitian 5 orang, dengan rincian, sebanyak 3 orang subyek diambil dari kelompok pengajian ibu-ibu, dan 2 orang subyek penelitian diambil dari pengajian bapak-bapak Pengambilan dua kelompok pengajian ini dilakukan secara bertujuan tertentu atau purposive menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen dalam pengumpulan data. Data diabsahkan dengan teknik triangulasi, dianalisis sesudah data terkumpul dengan model analisis interaktif, yaitu data reduction (pengurangan data), dan data display (pemaparan data), kemudian data conclusion (menarik kesimpulan dari data yang dipaparkan).
Hasil penelitian. (1) Pendidik dalam melaksanakan pendidikan agama Islam karena rasa tanggung jawab menegakkan syiar agama dengan ikhlas beramal (2) Materi yang diberikan bersumber dari Al-Qur'an dan Al-Hadits, Fiqih dan Akhlaq Materi bidang kajian masing-masing ustadz menyampaikan secara baik. dan menyenangkan (3) Metode ceramah, tanya jawab dan bercerita.
ABSTRACT
The Islamic education which is accomplished by ustaz-ustazah in the community individually or collectively at the mosque or at homes are included the Islamic non-formal education. This research purposes are to know the effectivity of ustaz-ustazah, to know the teaching material delivered, the effectivity of methods, teaching-learning approach, and to know the result of Islamic non- formal education. Problems of this research is how the achievement of Islamic non-formal education aim at the village which can be broken into: How is the effectivity of ustaz-ustazah, the teaching material. applied methods, and effectivity of the teaching-learning approach, and how is the Islamic non-formal education result.
The research applied a qualitative perspective, there are 5 people for subject of source data. Three subject from the female group and two of them from male of Islamic participant. The two groups of them are gotten base on purposive way. The observation technique, interview, and documentation were applied to data collecting The field data were valid using three angulation, then analyze it after collecting data, using the interactive model, namely data reduction, data display, and conclusion.
The research result shows (1) teacher of Islamic non-formal education worked base on his responsibility to strengthen of islam sincerely and effectively, (2) the teaching materials were from the holy Quran, hadits, and Fikih effectively All materials were delivered very well and interesting (3) Preaching method. dialog, and story telling are done effectively.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Masyarakat; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 26 May 2024 14:25 |
Last Modified: | 26 May 2024 14:25 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5492 |
Actions (login required)
View Item |