Noviansyah, Noviansyah (2008) Aplikasi nilai-nilai pendidikan islam pada kegiatan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DI Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Noviansyah - 0101110347.pdf Download (14MB) |
Abstract
Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aplikasi nilai- nilai pendidikan Islam Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Palangka Raya, (2) Faktor- faktor apa yang menghambat dalam pelaksanaan pendidikan Islam Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Palangka Raya dan (3) Faktor-faktor apa saja yang menunjang dalam pendidikan Islam Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Palangka Raya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aplikasi nilai- nilai pendidikan Islam Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Palangka Raya, juga apa yang menjadi faktor- faktor penghambat pendidikan Islam Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Palangka Raya, dan apa yang menjadi faktor- faktor penunjang dalam pendidikan Islam Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian semua ketua bidang pada PKS yaitu orang-orang terlibat dalam penelitian ini adalah Bidang Pembinaan Pemuda (BPP) dan Kesra yaitu HH, bidang Pembinaan kader adalah SG dan WN, bidang Ekuintek yaitu AZ, bidang Polhukam, Bapilu, dan Biro Legislatif yaitu BS, bidang Pembinaan Daerah AM, dan bidang Kewanitaan DMS dan UF. Untuk pengabsahan data penulis menggunakan triangulasi, membercheck dan menyusun hasil penelitian secara keseluruhan. Untuk menjawab permasalahan, sekaligus memenuhi tujuan yang di harapkan, maka di gali data-data baik tertulis maupun tidak tertulis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian di lapangan di ketahui bahwa setelah adanya pendidikan Islam Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, masyarakat bisa merasakan perubahan-perubahan dalam kehidupan dan dalam bergaul, kemudian masyarakat juga tahu hukum- hukum Islam sehingga dapat menjadi acuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Adapun yang menjadi penghambat dalam pendidikan Islam ini adalah kurang terkoordinirnya masalah surat menyurat atau ketatausahaan, kurangnya penguasaan materi oleh para murid dan kurang terlatihnya para guru. Sedangkan yang menjadi penunjang dalam pelaksanaan ketarbiyahan ini, tersedianya sarana dan prasarana yang ikut menunjang proses belajar mengajar, tempat belajar yang mendukung, serta media untuk belajar yang terpenuhi dan memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 03 May 2024 01:01 |
Last Modified: | 03 May 2024 01:01 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5475 |
Actions (login required)
View Item |