Ni'mah, Ni'mah (2016) Peranan orang tua dalam membimbing anak untuk melaksanakan shalat lima waktu di lingkungan Pasar Kahayan (studi terhadap lima kepala keluarga yang berprofesi sebagai pedagang ). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
SKRIPSI NIkMAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Peranan orang tua untuk memberikan pendidikan agama dalam bidang ibadah shalat lima waktu, menduduki posisi yang sangat penting dalam sebuah keluarga. Apabila kedua orang tua mempunyai pekerjaan sebagai pedagang dan merasa terlalu sibuk , bisa menyebabkan orang tua menjadi lengah untuk mengawasi anaknya. Orang tua menyerahkan pendidikan agama anaknya kepada institusi pendidikan saja dan menganggap hal tersebut sudah cukup, sehingga orang tua menjadi lalai dalam memberikan bimbingan tentang shalat dan cenderung tidak menjadi teladan yang baik dalam hal melaksanakan shalat lima waktu. Hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor penyebab anak tidak melaksanakan shalat lima waktu.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :1. Bagaimana peranan orang tua dalam membimbing anak?. 2. Apakah kendala orangtua dalam membimbing anak ? 3. Apa solusi yang diguanakan orang tua untuk menghadapi kendala dala membimbing anak untuk melaksanakan shalat lima waktu ? . penelitian ini di gunakan bertujuan untuk mendiskripsikan 1. Peranan orangtua dalam membimbing anak , 2.Kendala yang dihadapi orangtua dalam membimbing anak, 3.solusi yang digunakan orang tua agar bisa mengatasi kendala dalam membimbing anak untuk melaksanakan shalat lima waktu.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilapangan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah peranan orang tua dalam membimbing anak, sedangkan yang menjadi subjek penelitian berjumlah 10 orang yang terdiri dari suami dan istri. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling, sedangkan informannya adalah anak dan nenek . pengabsahan data menggunakan triangulasi, analisis data yang digunakan yaitu data collecting, data reduction, data dan dislay dan conclusion.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Peranan orangtua dalam memberikan bimbingan yaitu menggunakan metode pembiasaan, nasihat dan cerita , keteladanan, pemeliharaan, partisipasi, disiplin, hiwar nabawi, ibrah, dan mau’izzah dan metode targhib. Orangtua memberikan bimbingan secara bergantian setiap hari, tetapi dalam pelaksanaanya seorang ibu lebih banyak berperan dalam memberikan bimbingan. Orangtua mengajarkan cara berwudhu, bacaan dan gerakan shalat serta rukun shalat 2. Kendala yang dihadapi yaitu karena kesibukan pekerjaan orangtua , banyak anak yang sering malas bangun subuh, malas shalat, senang menonton TV dan asik bermain bersama teman-teman sehingga malas untuk shalat. 3. Solusi yang di gunakan yaitu orangtua selalu bergantian untuk membimbing anak, mengingatkan, mengajak, menasihati, dan ada keluarga yang menggunakan trik khusus. Faktor pendukung dalam memberikan bimbingan pada anak seperti buku-buku yang berhubungan dengan shalat, poster serta memasukan anak ke sekolah TPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orang tua; anak; shalat; parents; pendidikan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 06 Jun 2017 02:31 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 02:32 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/547 |
Actions (login required)
View Item |