Studi tentang penguasaan materi pendidikan agama islam bidang psikomotorik siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 7 Langkai Palangka Raya

Hidayati, Hidayati (2008) Studi tentang penguasaan materi pendidikan agama islam bidang psikomotorik siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 7 Langkai Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Hidayati - 980110136.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu proses yang menekankan kepada usaha untuk mentransferkan ilmu pengetahuan, tetapi secara hakiki pendidikan merupakan suatu usaha menumbuhkembangkan kemampuan intelektual, sikap dan keterampilan. Pemerintah Indonesia melalui sistem pendidikan nasional telah menegaskan bahwa pendidikan agama wajib dimasukan dalam kurikulum setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan.
Pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah dasar berfungsi untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai keagamaan dan membentuk akhlakul karimah yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta ketaatan beribadah (termasuk ibadah shalat ). Ibadah shalat merupakan ibadah kepada Allah SWT yang wajib dilakukan oleh setiap mukallaf sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditentukan yaitu harus dilakukan dengan baik dan benar termasuk dalam melakukan gerakan dan melafalkan bacaannya. Oleh karena itu dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah tidak hanya menekankan penguasaan kompetensi kognitif dan afektif tetapi juga psikomotorik. Penguasaan bidang psikomotorik ini penting sekali karena dalam pelaksanaan ibadah shalat, dituntut supaya gerakan dan bacaan yang dilafalkan harus baik dan benar dan inilah yang menjadi fokus dalam penelitian ini.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penguasaan materi PAl bidang psikomotorik siswa kelas III SDN 7 Langkai Palangka Raya khususnya kemampuan dalam melakukan gerakan dan melafalkan bacaan shalat (takbiratul ihram, do'a iftitah, fatihah dan surah pendek, ruku, i'tidal, sujud, duduk antara dua sujud, tasyahud awal, tasyahud akhir dan salam).
Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas III atau peserta didik Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 7 Langkai Palangka Raya berjumlah 21 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknis tes, observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan secara bertahap, dimana secara umum tahapan tersebut melalui tahapan pembuatan rencana penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, analisis data dan penyusunan laporan hasil penelitian.
Dari hasil penelitian tentang penguasaan materi PAI bidang psikomotorik siswa kelas III SDN 7 Langkai Palangka Raya dalam hal ini kemampuan melakukan gerakan dan melafalkan bacaan shalat menunjukan bahwa dari 21 orang siswa sebanyak 5 orang (23,81%) kualifikasi baik, sebanyak 12 orang kualifikasi cukup (57.14%) dan sebanyak 4 orang (19.05%) kualifikasi kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:17
Last Modified: 24 Apr 2024 04:17
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5466

Actions (login required)

View Item View Item