Karakteristik input pendidikan Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya

Firdaus, Dinar (2008) Karakteristik input pendidikan Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Dinar Firdaus - 990110173.pdf

Download (13MB)

Abstract

Input pendidikan yang merupakan bagian dari sistem pendidikan, pada perkembangannya antara satu lembaga pendidikan mempunyai kesamaan dalam Inpiut pendidikannya. Akan tetapi antara satu lembaga pendidikan dengan lembaga pendidikan yang lain akan mempunyai perbedaan. Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya mempunyai karakteristik input pendidikan yang berbeda dengan pondok pesantren lain. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah; untuk mengetahui karakteristik
input pendidikan yang meliputi; 1) tujuan pendidikan, 2) kurikulum pendidikan, 3) tenaga pengajar (guru), 4) peserta didik (murid/siswa), dan 5) sarana-prasarana pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek (sumber data) input pendidikan. Teknik pengumpulan data yang peneliti terapkan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) tahapan analisis yaitu: 1) Data Reduction (pengurangan data), 2) Data
Display (penyajian data), dan 3) Conclusion Drawing (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Karakteristik tujuan pendidikan Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya terletak pada tujuan institusional yaitu mengkhususkan dirinya selain sebagai lembaga pendidikan juga sebagai lembaga dakwah kemasyarakatan, (2) Karakteristik kurikulum pendidikan Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya yaitu menitikberatkan kurikulumnya kepada pencapaian ilmu dan teknologi yang dijiwai dengan iman dan takwa kepada Allah SWT, (3) Karakteristik tenaga pengajar (guru/ustadz) Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya yaitu: setiap guru/ustadz tidak hanya bertugas sebagai pengajar, dan juga bertugas sebagai pembimbing kepada santri yang membutuhkan bimbingan, kualifikasi pendidikan guru/ustadz 47,7% merupakan lulusan S-1 (sarjana), 19,3% lulusan diploma, 10,2% lulusan SMA, dan 22,8% merupakan lulusan pondok pesantren atau madrasah aliyah, serta jumlah dan kompetnsi guru sudah sesuai dengan standar nasional pendidikan (4) Karakteristik peserta didik (murid/santri) Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya yaitu: terdapat 2 kelompok santri di Ponpes Hidayatul Insan Fii Taa'limiddin Palangka Raya, yaitu: santri yang tinggal dan santri yang tidak tinggal di pondok, latar belakang pendidikan murid/santri ±50% merupakan lulusan dari Ponpes Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya, dan dalam pengelolaan dan pembinaan murid/santri dibentuk badan khusus yang bertugas membantu, membina dan mengasuh murid/santri, (5) Karakteristik sarana dan prasarana pendidikan Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya tidak mempunyai karakteristik tersendiri. Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya mempunyai beberapa sarana dan prasarana pendidikan dan juga sarana penunjang pendidikan yang memadai, sehingga proses pendidikan bisa tetap dilakukan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pesantren
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:48
Last Modified: 24 Apr 2024 02:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5462

Actions (login required)

View Item View Item