Strategi pembelajaran materi shalat di Madrasah Diniah Awaliyah Bahrul 'Ulum Desa Pandu Senjaya Kecamatan Pangkalan Lada Kotawaringin Barat

Darmadi, Darmadi (2008) Strategi pembelajaran materi shalat di Madrasah Diniah Awaliyah Bahrul 'Ulum Desa Pandu Senjaya Kecamatan Pangkalan Lada Kotawaringin Barat. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Darmadi - 0101110395.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran shalat adalah bagian dari penanaman ketrampilan ibadah yang diperlukan untuk sepanjang hidup. Pengamalan shalat harus didasari pengetahuan, syarat, rukun, sehingga nantinya siswa dapat melaksanakan shalat yang benar
Permasalahan dirumuskan dalam 5 poin, yaitu bagaimana persiapan seorang pendidik, bagaimana melakukan identifikasi, memilih pendekatan pembelajaran. metode, dan apa ukuran guru menilai keberhasilan guru fikih mendidik siswanya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) persiapan mengajar guru mata pelajaran Fiqih, (2) langkah-langkah identifikasi, (3) standar pendekatan pembelajaran yang dipilih, (4) metode yang digunakan, dan (5) penilaian mengetahui keberhasilan guru mendidik siswa dengan materi shalat.
Penelitian ini menggunakan perspektif kualitatif. Dalam pengambilan data lapangan menggunakan teknik observasi; wawancara dan teknik dokumentasi Subyek penelitian (sumber datanya) adalah guru Fikih, orang tua siswa, siswa sebanyak 11 orang, kepala Madrasah Diniah Awaliyah dan Ketua Yayasan dan Kepala, sebagai informan. Data dianalisis bersamaan dengan mengambil data lapangan, dengan menjalankan 4 tahap yaitu data collection, data reduction, data display dan data conclusion. Sebelum analisis, dilakukan triangulasi untuk mendapatkan data yang absah.
Hasil penelitian (1) Pendidik melakukan persiapan secara baik sebelum mengajar. (2) Pendidik melakukan identifikasi potensi siswa, waktu pembelajaran. dan buku-buku sumber materi shalat, (3) Pendekatan pembelajaran yang pernah digunakan adalah rasional sederhana, pembiasaan amaliah, dan emosional sederhana, (4) Metode ceramah dipadu dengan tanya jawab dan metode cerita tokoh, (5) Keberhasilan siswa dalam pembelajaran ini baru keberhasilan minimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Shalat
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:30
Last Modified: 04 Apr 2024 04:30
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5456

Actions (login required)

View Item View Item