Hamdan, Muhammad (2016) Konsep belajar menurut Al-Qur’an Surah Al-’Alaq ayat 1-5. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Skripsi M. Hamdan.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Islam merupakan agama yang memberikan perhatian besar terhadap ilmu pengetahuan. Perhatian ini dibuktikan melalui turunnya wahyu pertama Qs. Al-‘Alaq 1-5 yaitu lima kalimat awal yang bisa membangun peradaban Islam di dunia. Dalam masyarakat yang dinamis, belajar memegang peranan yang menentukan eksistensi dan perkembangan masyarakat tersebut, karena pendidikan merupakan usaha melestarikan, dan mengalihkan serta mentransformasikan nilai-nilai dalam segala aspeknya dan jenisnya kepada generasi penerus. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep belajar kajian surah Al-‘Alaq ayat 1-5 menurut tafsir : Al-Misbah, Al-Azhar, Al-Maraghi, Al-Qurthubi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konsep belajar kajian surah Al-‘Alaq ayat 1-5 menurut tafsir : Al-Misbah, Al-Azhar, Al-Qurthubi, Al-Maraghi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Peneliti menggunakan metode dokumentasi dalam mengumpulkan datanya, lalu setelah datanya terkumpul, dianalisis dengan menggunakan metode tafsir muqarran dan analisis komparasi.
Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa konsep belajar kajian surah Al-‘Alaq ayat 1-5 yaitu (1) Iqra, kata iqra’ yang diulang sebanyak dua kali dalam ayat ini. Iqra’ pertama dapat diartikan atau dijabarkan lebih luas lagi dengan memahami, menganalisis, menelaah, meyampaikan, mendalami, meneliti, mengetahui, dan sebagainya yang didasari atas nama Tuhan yang maha pencipta, Sedangkan iqra’ yang kedua menggambarkan manfaat yang diperoleh, memberi pemahaman, bisa meresap kedalam jiwa sebagai usaha untuk mendalami dan menelaah terhadap ilmu yang telah diperoleh. (2)‘Allama pengajaran manusia dengan alat tulis sehingga mengajarkan kepada manusia terhadap hal-hal yang belum diketahuinya, (3) Qalam, alat yang dapat menghasilkan sebuah karya yang dapat difahamkan oleh manusia yang hanya bisa dilakukan menggunakan qalam.
ABSTRACT
Islam is a religion that gives great attention to science. Attention is evidenced through the revelation of the first Qs. Al-'Alaq 1-5 are five initial sentence that could build the civilization of Islam in the world. In a dynamic society, learning, role that determines the existence and development of the society, because education is the effort to preserve, and transfer as well as transforming the values in all its aspects and kind to future generations. Based on this background, the problem in this research is how the concept of learning to study the Al-'Alaq verses 1-5 by interpretation: Al-Misbah, Al-Azhar, Al-Maraghi, Al-Qurtubi.
This study aims to describe how the concept of learning to study surah Al-'Alaq verses 1-5 by interpretation: Al-Misbah, Al-Azhar, Al-Qurtubi, Al-Maraghi. This research is a qualitative research approach study literature. Researcher using documentation methods in collecting the data and then after the the data is collected, Analyzed using the methods of interpretation and analysis muqarran comparison.
Based on the analysis, researchers concluded that the concept of learning to study surah Al-'Alaq verses 1-5: (1) Iqra, said iqra repeated twice in this verse. Iqra 'first can be interpreted or translated more broadly to understand, analyze, examine, meyampaikan, studying, researching, knowing, and so forth which is based on the name of God the almighty creator, while iqra the second describes the benefits, give understanding, can seep into the soul as an attempt to explore and examine the science that has been obtained. (2) 'Allama human teaching with stationery so that taught the human being against things that are not yet known, (3) Qalam, a tool that can produce a work that can be indoctrinated by a man who could only be done using the Pen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Belajar; Qs. Al-‘Alaq 1-5; Learning Concepts; Iqra; Pendidikan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 06:46 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 06:46 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/544 |
Actions (login required)
View Item |