Analisis butir soal ulangan akhir semester bentuk pilihan ganda buatan guru mata pelajaran pendidikan agama islam pada SDN di Gugus Xvi Kecamatan Bukit Batu

Purwanti, Purwanti (2009) Analisis butir soal ulangan akhir semester bentuk pilihan ganda buatan guru mata pelajaran pendidikan agama islam pada SDN di Gugus Xvi Kecamatan Bukit Batu. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Purwanti - 0621110759.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tes hasil belajar merupakan salah satu cara untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap ilmu yang telah dipelajari dalam waktu tertentu. Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka diperlukan alat tes yang baik pula. Salah satu alat tes yang lazim digunakan adalah soal. Sebelum digunakan sebagai alat tes, hendaknya butir-butir soal dianalisis terlebih dahulu sehingga akan diketahui mutu dari butir soal tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik butir soal ulangan akhir semester bentuk pilihan ganda buatan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mencakup, (1) analisis taraf kesukaran soal, (2) analisis daya pembeda soal, (3) analisis validitas tes dan (4) analisis reliabilitas tes yang diujikan pada ulangan akhir semester 2 tahun ajaran 2007/2008
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah butir soal ulangan akhir semester 2 yang dikerjakan oleh seluruh siswa kelas IV (empat) dan V (lima) tahun ajaran 2007/2008 pada SDN yang ada di wilayah kerja Gugus XVI Kecamatan Bukit Batu. Tempat penelitian ini adalah seluruh SD Negeri yang ada pada Gugus XVI Kecamatan Bukit Batu yaitu SDN 1 Marang, SDN 2 Marang, SDN 1 Tumbang Tahai, SDN 2 Tumbang Tahai, SDN 3 Tumbang Tahai, SDN 1 Habaring Hurung dan SDN 2 Banturung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal ulangan akhir semester 2 pada SDN yang ada di Gugus XVI Kecamatan Bukit Batu untuk soal kelas IV, sebagian besar merupakan soal yang termasuk soal yang mudah yaitu 52,5% dan sisanya sebanyak 37,5% merupakan soal bertaraf kesukaran sedang dan 10% termasuk soal yang sukar. Sedangkan untuk soal kelas V sebagian besar merupakan soal yang sedang yaitu sebanyak 76%, 18% tergolong sukar dan 6% tergolong soal yang mudah. Dilihat dari daya pembeda soal untuk soal kelas IV sebanyak 55% mempunyai daya pembeda baik dan sisanya sebanyak 45% mempunyai daya pembeda jelek. Sedangkan untuk soal kelas V sebanyak 56% sudah mempunyai daya pembeda baik dan sisanya sebanyak 44% mempunyai daya pembeda jelek. Dilihat dari perhitungan validitas tes, maka butir soal ulangan akhir semester 2 untuk kelas IV sebanyak 52,5% dinyatakan valid dan 47,5% dinyatakan tidak valid. Untuk soal kelas V, sebanyak 46% dinyatakan valid dan sisanya sebanyak 54% tidak valid. Dari perhitungan reliabilitas tes dengan menggunakan rumus K-R.21, diketahui bahwa soal kelas IV dan kelas V yang diujikan pada ulangan akhir semester 2 tahun ajaran 2007/2008 pada SDN di Gugus XVI Kecamatan Bukit Batu dinyatakan sudah mempunyai reliabilitas tinggi (reliable). Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara teori tes tersebut dapat dipercaya sebagai alat ukur yang sudah memenuhi kriteria yang baik dilihat dari taraf kesukaran, daya pembeda, validitas tes dan reliabilias tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama islam
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 01 Apr 2024 05:39
Last Modified: 01 Apr 2024 05:39
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5437

Actions (login required)

View Item View Item