Pelaksanaan proses dan hasil belajar kelas vii unggulan di SMP Negeri 2 Pahandut dan MTsN 1 Model Palangka Raya

Rusfikawati, Nana Manda (2009) Pelaksanaan proses dan hasil belajar kelas vii unggulan di SMP Negeri 2 Pahandut dan MTsN 1 Model Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Nana Manda Rusfikawati - 0401110615.pdf

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui proses pembelajaran kelas VII unggulan di SMP Negeri 2 Pahandut; 2. Untuk mengetahui proses pembelajaran kelas VII unggulan di MTsN 1 Model Palangka Raya; 3. Untuk mengetahui hasil belajar kelas VII unggulan di SMP Negeri 2 Pahandut; dan 4. Untuk mengetahui hasil belajar kelas VII unggulan di MTsN 1 Model Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif dan menghasilkan data kualitatif dan data kuantitatif. Dengan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah proses dan hasil belajar kelas VII unggulan di SMP Negeri 2 Pahandut dan MTsN 1 Model Palangka Raya, sedangkan yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru-guru yang mengajar kelas VII unggulan, pada enam mata pelajaran yang terdiri dari Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPS, serta siswa-siswa kelas VII unggulan di SMP Negeri 2 Pahandut dan MTsN 1 Model Palangka Raya. Adapun teknik pengumpulan data melalui: observasi dan dokumentasi, dengan empat tahapan analisis data yaitu collection data, reduction data, display data, dan conclusion data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran kelas VII unggulan di SMP Negeri 2 Pahandut dan MTsN 1 Model Palangka Raya telah sesuai dengan kriteria proses pembelajaran. Dimana kriteria proses pembelajaran tersebut terdiri dari konsistensi kegiatan pembelajaran dengan kurikulum sehingga tercapainya tujuan instruksional, keterlaksanaannya oleh guru, keterlaksaaan oleh siswa, motivasi belajar siswa, keaktifan siswa dalam kegiatan belajar, interaksi guru
dan siswa sampai kepada kemampuan atau keterampilan guru dalam mengajar. Untuk hasil belajar siswa kelas VII unggulan baik di SMP Negeri 2 Pahandut Palangka Raya dan MTsN 1 Model Palangka Raya diketahui bahwa dari enam mata pelajaran, yaitu Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan IPS, hasil belajarnya telah mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah/Madrasah tersebut. Dimana secara keseluruhan dari enam mata pelajaran tersebut, hasil belajar siswa kelas VII unggulan di SMP Negeri 2 Pahandut nilai rata-ratanya adalah 80,74 dan hasil belajar siswa kelas VII unggulan di MTsN 1 Model Palangka Raya nilai rata-ratanya adalah 74,64 sehingga hasil belajar siswa di kedua sekolah/Madrasah tersebut dapat dikatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Belajar;
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 30 Mar 2024 04:27
Last Modified: 30 Mar 2024 04:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5425

Actions (login required)

View Item View Item