Mayasyarah, Mayasyarah (2009) The effectiveness of video compact disc as an audiovisual medium toward the students' listening comprehension score of the tenth grade students at MAN Model Of Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Mayasyarah - 0501120175.pdf Download (16MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan jawaban tentang apakah Video Compact Disc sebagai sebuah media audiovisual memberikan pengaruh terhadap nilai mendengar siswa, artinya mengukur keefektifan Video Compact Disc sebagai sebuah media audiovisual terhadap nilai mendengar siswa.
Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini terdiri atas enam kelas dari siswa kelas sepuluh MAN Model Palangka Raya dengan jumlah total siswa sebanyak 219 orang. Penulis memilih dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas XA sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 30 orang dan kelas XB sebagai kelompok kontrol yang juga terdiri dari 30 orang. Sampel tersebut ditentukan menggunakan teknik sampel bertujuan.
Kedua sampel diberikan tes awal untuk mendapatkan nilai awal mendengar. Kemudian, siswa di kelas XA diajarkan dengan menggunakan Video Compact Disc sebagai media audiovisual sebagai perlakuan dan kelas XB diajarkan tanpa menggunakan Video Compact Disc sebagai media audiovisual untuk pengontrolan. Setelah itu, penulis memberikan tes akhir untuk memperoleh nilai akhir siswa dalam mendengar.
Setelah mendapatkan data, penulis menganalisa data dari kelompok eksperimen dan kontrol tersebut menggunakan rumus t-tes untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa hasil dari thitung = 2.522 dan trabel 2.000 pada tingkat keyakinan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 58.
Temuan utama dari penelitian ini yaitu hasil dari analisis data menunjukkan jika thitung 2.522 lebih besar daripada ttabel = 2.000. Hasil dari thitung ini menunjukkan bahwa Video Compact Disc sebagai sebuah media audiovisual memberikan pengaruh terhadap nilai mendengar siswa.
Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa Video Compact Disc sebagai sebuah media audiovisual memberikan pengaruh terhadap nilai mendengar siswa pada siswa kelas sepuluh di MAN Model Palangka Raya diterima. Sedangkan Hipotesis Nihil (Ho) yang menyatakan Video Compact Disc sebagai sebuah media audiovisual tidak memberikan pengaruh terhadap nilai mendengar siswa pada siswa kelas sepuluh di MAN Model Palangka Raya ditolak. Ini berarti bahwa Video Compact Disc sebagai sebuah media audiovisual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap nilai mendengar siswa.
Berdasarkan temuan pada penelitian ini, maka disarankan guru bahasa Inggris dapat mengajarkan pelajaran mendengar dengan menggunakan Video Compact Disc. Adanya hasil yang signifikan dari pengukuran keefektifan media Video Compact
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan bahasa inggris |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 30 Mar 2024 04:04 |
Last Modified: | 30 Mar 2024 04:04 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5422 |
Actions (login required)
View Item |