Rusnani, Rusnani (2009) Kemampuan membaca surat-surat pendek siswa MIS Kurnia Hasan Sampit. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Rusnani - 0821110970.pdf Download (7MB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang penulis temukan di lapangan ternyata masih banyak siswa Mis Kurnia Hasan Sampit tidak bisa membaca al-Qur'an, kondisi ini dapat dilihat dari kemampuan mereka membaca al-Qur'an, khususnya pada surat- surat pendek, namun ada juga yang mampu membaca al-Qur'an tetapi jumlahnya relatif sedikit, hal ini kemungkinan tidak terlepas dari pengaruh latar belakang pendidikan sebelumnya.
Dengan demikian penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul di atas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kemampuan siswa Mis Kurnia Hasan Sampit dalam membaca surat-surat pendek dan (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat siswa Mis Kurnia Hasan Sampit dalam membaca surat-suat pendek. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan siswa Mis Kurnia Hasan Sampit dalam membaca surat-surat pendek. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat siswa Mis Kurnia Hasan Sampit dalam membaca surat-surat pendek.
Penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan tujuan penelitian yang berusaha memberikan dengan sistematis fakta-fakta yang ada pada subjek, penelitian dengan data berupa angka, yang kemudian ditarik kesimpulan. Mengingat bahwa jumlah populasi dalam penelitian ini hanya 30 orang dan merupakan penelitian populasi, maka semua populasi dijadikan sebagai sampel yakni 30 orang yang terdiri dari 15 siswa kelas I dan 15 siswa kelas II.
Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik tes, tehnik wawancara mendalam, tehnik dokumentasi dan tehnik analisis data. Setelah analisis data telah terkumpul maka data yang telah diklasifikasikan ke dalam tabel sesuai dengan masalah yang telah diteliti dan teratur sehingga data menjadi lebih kongkrit.
Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik tes, tehnik wawancara mendalam, tehnik dokumentasi dan tehnik analisis data. Setelah analisis data telah terkumpul maka data yang telah diklasifikasikan ke dalam tabel sesuai dengan masalah yang telah diteliti dan teratur sehingga data menjadi lebih kongkrit.
Tahapan akhir dalam pengolahan data dengan membuat analisis sebagai dasar untuk menarik kesimpulan sehingga di ketahui hasil penelitian dengan jelas, selanjutnya setelah diketahui skor dari masing-masing indikator, dengan demikian dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa kurang mampu membaca surat-surat pendek yakni 18 orang (60%), sedangkan yang berada pada kategori cukup mampu 9 orang (30%) dan sementara itu ada juga yang sudah mampu sebanyak 3 orang (10%), maka dapatlah disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca surat-surat pendek masih banyak yang kurang mampu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Al-Qur'an; |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 02:20 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 02:20 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5416 |
Actions (login required)
View Item |