English teachers methods in teaching nouns at the fifth grade students of two elementary schools of Jekan Raya Palangka Raya

Aisiah, Hanik Nur (2009) English teachers methods in teaching nouns at the fifth grade students of two elementary schools of Jekan Raya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Hanik Nur Aisiah - 0601120271.pdf

Download (10MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Metode apa yang digunakan oleh guru-guru bahasa Inggris dalam pengajaran kata benda pada siswa kelas lima di dua sekolah dasar? (2) Bagaimana guru-guru Inggris menjelaskan kata benda konkrit, kata benda tunggal dan kata benda jamak di dua sekolah dasar? Sementara, tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengambarkan metode-metode yang digunakan oleh guru-guru bahasa Inggris dalam pengajaran kata benda di kelas lima di dua sekolaha dasar (2) untuk mengambarkan guru-guru bahasa Inggris dalam menjelaskan kata benda konkrit, kata benda tunggal dan kata benda jamak di dua sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dalam meganalisis data, penulis menggunakan beberapa tehnik yaitu: (1) pengumpulan data (2) penyeleksian data (3)pemaparan data (4) penarikan kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah dua guru bahasa Inggris di sekolah dasar di Jekan Raya Palangka Raya.
Dari hasil penelitian di dapat:
1. Metode-metode yang digunakan guru-guru bahasa Inggris dalam pengajaran kata benda sebagai berikut:
a. Di SDN 5 Menteng: Metode ceramah, metode menghapal, metade tanya jawab, metade demonsrasi dan metode pendiktian.
b. Di SDN 9 Menteng Metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan metode latihan.
2. Penjelasan guru-guru bahasa Inggris dalam pengajaran kata benda konkrit, kata benda tunggal dan kata benda jamak.
a. Di SDN 5 Menteng: Dalam pengajaran kata benda konkrit, guru menjelaskan dengan bahasa Indonesia dan menunjuk benda di sekeliling mereka. Penjelasan kata benda tunggal yaitu guru menggunakan media gambar. Penjelasan kata benda jamak yaitu guru membuat banyak latihan dan siswa di minta untuk menghapal khususnya kata benda jamak yang tidak teratur.
b. Di SDN 9 Menteng: Dalam pengajaran kata benda konkrit, guru menjelaskan sesuai dengan materi di buku Inggris kelas lima. Penjelasan kata benda tunggal yaitu guru sering menggambar materi di papan tulis. Penjelasan kata benda jamak yaitu guru menggunakan media gambar dan siswa di minta untuk menghapal khususnya kata benda jamak yang tidak teratur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru Bahasa Inggris
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 26 Mar 2024 12:53
Last Modified: 26 Mar 2024 12:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5404

Actions (login required)

View Item View Item