Studi banding indeks prestasi kumulatif mahasiswa yang berlatar belakang SMA dengan pesantren di Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2010 dan 2011 IAIN Palangka Raya

Ambri, M. Ulil (2016) Studi banding indeks prestasi kumulatif mahasiswa yang berlatar belakang SMA dengan pesantren di Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2010 dan 2011 IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi M. Ulil.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sekolah terdiri atas pendidikan umum, pendidikan kejurusan, pendidikan keagamaan dan pendidikan lainnya. Pendidikan umum adalah pendidikan yang mengutamakan perluasan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dengan pengkhususan yang diwujudkan pada tingkat-tingkat akhir masa pendidikan. Sedangkan Pendidikan keagamaan merupakan pendidikan khusus yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat melaksanakan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan khusus tentang ajaran agama.

Studi banding adalah studi perbandingan yang dalam bahasa inggrisnya “a Comparatife Study”. Menurut pengertian dasarnya berarti menganalisa dua hal atau lebih untuk mencari kesamaan-kesamaan dan perbedaan-perbedaannya. Sedangkan prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang diberikan oleh guru. Permasalahan yang diteliti adalah (1) Bagaimana indeks prestasi kumulatif mahasiswa yang berlatar belakang SMA di Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2010 dan 2011 IAIN Palangka Raya ? (2) Bagaimana indeks prestasi kumulatif mahasiswa yang berlatar belakang Pesantren di Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2010 dan 2011 IAIN Palangka Raya ? (3) Adakah perbedaan indeks prestasi kumulatif mahasiswa yang berlatar belakang SMA dengan Pesantren di prodi pendidikan agama Islam angkatan 2010 dan 2011 IAIN Palangka Raya ?

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang bersifat comparative atau perbandingan. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang berlatar belakang SMA dan Pesantren di prodi pendidikan agama Islam angkatan 2010 dan 2011 yakni dengan jumlah populasi 74 mahasiswa, terdiri dari 50 berasal dari SMA/SMK dan 24 dari Pesantren. Kemudian uji hipotesis dengan one Independent-Sampe Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Indeks prestasi kumulatif mahasiswa yang berlatar belakang SMA di Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2010 dan 2011 IAIN Palangka Raya dengan rata-rata 2,99 berada pada interval/kualifikasi cukup (2,50 - 3,00). (2) Indeks prestasi kumulatif mahasiswa yang berlatar belakang Pesantren di Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2010 dan 2011 IAIN Palangka Raya dengan rata-rata 3,13 berada pada interval/kualifikasi baik (3,00 – 3,50). (3) Tidak ada perbedaan indeks prestasi kumulatif mahasiswa yang berlatar belakang SMA dengan mahasiswa yang berlatar belakang Pesantren di Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2010 dan 2011 IAIN Palangka Raya. Nilai uji “t” tes berjumlah -1,714 dengan nilai sig 0,091.

ABSTRACT

School education consists of general education, kejurusan education, religious education and other education. Public education is education that promotes the expansion of knowledge and skills of learners with a specialization that is realized at the end of the levels of education. While religious education is special education that prepares students to be able to carry out the role which requires the mastery of specific knowledge of the religious teachings

The comparative study is a comparative study in the English language "a Comparatife Study". According to the definition basically means analyzing two or more things to look for similarities and differences. While learning achievement is the acquisition of knowledge or skills developed by the subjects, usually indicated by test scores or the number given by the teacher. The problems studied were (1) What grade point average high school student whose background in Islamic Education Prodi Forces in 2010 and 2011 IAIN Palangkaraya? (2) How GPA student backgrounds in Prodi Pesantren Islamic Education class of 2010 and 2011 IAIN Palangkaraya? (3) Are there differences in grade point average high school student with a background in Prodi Pesantren Islamic religious education class of 2010 and 2011 IAIN Palangkaraya?

This study uses quantitative methods to the type of research that is comparative or comparison. The population in this study were all students whose background and high school boarding school in the department of Islamic studies class of 2010 and 2011 which with a population of 74 students, consisting of 50 are from SMA / SMK and 24 of Pesantren. Then test the hypothesis with a one-Sampe Independent Test.

The results showed that (1) Index cumulative grade high school students a background in Islamic Education Prodi Forces in 2010 and 2011 IAIN Palangkaraya with an average of 2.99 is in the interval / qualification is sufficient (2.50 to 3.00). (2) The cumulative achievement index of students whose background Pesantren in Prodi Force on Islamic Education in 2010 and 2011 IAIN Palangkaraya with an average of 3.13 is in the interval / good qualification (3.00 to 3.50). (3) There is no difference in grade point average high school student background with a college background force of islamic in Islamic Education class of 2010 and 2011 IAIN Palangkaraya. Test value "t" test amounts to -1.714 to 0.091 sig.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Studi banding; indeks prestasi kumulatif; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:22
Last Modified: 05 Jun 2017 02:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item