Penerapan metode talaqqi pada pembelajaran menghafal al-qur’an santri MI Hidayatul Insan Palangka Raya

Marnia, Ninin (2022) Penerapan metode talaqqi pada pembelajaran menghafal al-qur’an santri MI Hidayatul Insan Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS NININ MARNIA & 2010160163.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah banyak santri yang tidak memenuhi target pembelajaran atau tidak memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) pada pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di MI Hidayatul Insan Palangka Raya sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah pembelajaran metode Talaqqi, (2) metode yang santri gunakan dalam menghafal Al-Qur’an serta (3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Talaqqi.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif. Lokasi penelitian di MI Hidayatul Insan Palangka Raya, sedangkan waktu penetitian penulis dari Agustus 2021 hingga Januari 2022. Subjek penelitian ada 2 orang guru dan 5 orang santri. Informan penelitian terdiri dari Kepala Madrasah, guru les, dan orangtua santri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik menurut Milles & Huberman yang meliputi data collection, data reduction, display data, conclusion drawing/verviying.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)langkah-langkah dalam penerapan metode Talaqqi yaitu dimulai dengan doa bersama, kemudian pengulangan pada ayat yang dihafalkan sebelumnya, dilanjutkan dengan membaca dan menghafalkan ayat pada hari itu secara berulang-ulang, ustadz/ustadzahnya memanggil masing-masing siswa (kelompok) untuk maju kedepan, dan santri sambil menunggu giliran ditugaskan ustadznya untuk menulis ayat, kemudian ustadz bersama santrinya mengulang kembali bacaan ayat yang dihafalkan tersebut kemudian masing-maisng siswa menghafalkannya. Apabila ada bacaan santri yang salah maka ustadz memperbaiki bacaannya. (2) Metode yang santri gunakan dalam menghafal Al-Qur’an yaitu menggunakan Metode Talaqqi, serta melakukaan pengulangan secara individual dan murajaah.(3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Talaqqi yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal seperti fasilitas belajar, lingkungan belajar, dorongan dari keluarga. Untuk faktor internal yaitu motivasi belajar siswa, kecerdasan, kesehatan, kehadiran siswa, kelancaran siswa dalam membaca Al-Qur’an.

ABSTRACT

The main problem in this study is that many students to read the learning targets or do not read the KKM (Minimum completeness criteria) in learning tahfiz Al-Qur'an at Islamic Elementry School Hidayatul Insan Palangka Raya as determined by the Madrasah. This study aims to determine the learning steps of the Talaqqi method, the method that students use in memorizing the Qur'an as well as the supporting and inhibiting factors in the application of the Talaqqi method.

The approach used in this research is descriptive qualitative type. The research location is at MI Hidayatul Insan Palangka Raya, while the time of the author's raither is from August 2021 to January 2022. The research subjects are 2 teachers and 5 students. Research informants consisted of the Head of Madrasah, tutors, and parents of students. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. The data validation technique uses source and technique triangulation. While the data analysis technique uses the technique according to Milles & Huberman which includes data collection, data reduction, data display, conclusion drawing/verviying.

The results showed that: (1) the steps in the application of the Talaqqi method were starting with a prayer together, then repeating the previously memorized verse, followed by reading and memorizing the verses on that day repeatedly, the ustadz/ustadzah called each students (groups) to come forward, and students while waiting for their turn are assigned by their ustadz to write verses, then the ustadz with his students repeats the reading of the memorized verses and then each student memorizes them. If there is a student reading that is wrong, the ustadz corrects the reading. (2) The method that students use in memorizing the Qur'an is using the Talaqqi Method, as well as doing individual repetition and murajaah. (3) The supporting and inhibiting factors in the application of the Talaqqi method are external factors and internal factors. External factors such as learning facilities, learning environment, encouragement from the family. For internal factors, namely student learning motivation, intelligence, health, student attendance, student fluency in reading the Qur'an.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahfidz
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
TAJUK SUBJEK ISLAM > Al-Qur'an dan Ilmu yang berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 16 Feb 2024 06:34
Last Modified: 16 Feb 2024 06:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5373

Actions (login required)

View Item View Item