Pengaruh metode pendidikan karakter terhadap aktivitas dan hasil belajar anak didik kelas VIII Mts Nuruzh Zholam Seruyan Hilir Timur

Suja, Nema Ajimah (2022) Pengaruh metode pendidikan karakter terhadap aktivitas dan hasil belajar anak didik kelas VIII Mts Nuruzh Zholam Seruyan Hilir Timur. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS Nema Ajimah Suja 2010160161.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi daya Tarik MTs Nuruzh Zholam dalam menarik anak didik di Seruyan Hilir Timur sehingga menjadi sekolah yang memiliki jumlah anak didik terbanyak di bandingkan yang lainya. Ketertarikan lain timbul akibat banyakanya perestasi anak didik MTs Nuruzh Zholam di bidang keagaaman yang menggambarkan baiknya pembelajran PAI di sekolah tersebut. Hasil tersebut tentunya berhubungan dengan metode Pendidikan yang diterapkan guru PAI dan aktivitas anak didik disekolah tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini berusaha untuk menganalisis 1) Bagaimana penggunaan metode pendidikan karakter yang diterapkan guru PAI di Mts Nuruzh Zholam?, 2) Bagaimana aktivitas belajar pendidikan karakter di Mts Nuruzh Zholam?, 3) Bagaimana hasil belajar pendidikan karakter di MTs Nuruzh Zholam?, 4) Apakah ada pengaruh penggunaan metode pendidikan karakter terhadap aktivitas belajar anak didik di MTs Nuruz Zholam? dan 5) Apakah ada pengaruh penggunaan metode pendidikan karakter terhadap hasil belajar anak didik di MTs Nuruzh Zholam?

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif yang dilakukan di Kelas VIII MTs Nuruzh Zholam Seruyan Hilir Timur. Sampel penelitian ini berjumlah 44 orang yang terdiri dari 4 guru PAI dan 40 anak didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, pengabsahan data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana, uji t dan uji R.

Hasil penelitian ini adalah: 1) Guru PAI di MTs Nuruzh Zholam dalam penggunaan metode memiliki kemampuan dan cara yang berbeda-beda, 50 % atau 2 guru menggunakan metode dengan kategori sangat baik dan 50 % atau 2 guru mengajar dengan kategori baik. Namun secara keseluruhan metode yang paling sering digunakan adalah metode keteladanan dan pembiasaan. 2) Aktivitas belajar pada mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori baik. Rata-rata aktivitas belajar anak didik yaitu 79.375 untuk mata pelajaran fikih, 85.25 untuk mata pelajaran Al-Quran Hadist, 86.975 untuk mata pelajaran Akidah Akhlak dan 67.95 untuk mata pelajaran SKI. 3) Hasil belajar anak didik pada mata pelajaran PAI masuk dalam kategori baik. Rata-rata hasil belajar PAI anak didik yakni 76.75 untuk mata pelajaran fikih, 81.65 untuk pelajaran Al-Quran Hadist, 85.175 untuk mata pelajaran Akidah Akhlak dan 73.3 untuk mata pelajaran SKI. 4) Penggunaan metode pendidikan karakter bererpengaruh terhadap aktivitas anak didik, besar pengaruh yang ditimbulkan termasuk dalam kategori sangat besar yakni sebesar 97.3%. 5) Penggunaan metode pendidikan karakter berpengaruh terhadap hasil belajar anak didik, besar pengaruh penggunaan metode Pendidikan terhadap hasil belajar anak didik adalah sebesar 96.4%.

ABSTRACT

The research background is the attractiveness of MTs Nuruzh Zholam in attracting students at Seruyan Hilir Timur to make the school has the largest number of students than other schools. Other attractiveness appeared because of the students’ achievement in MTs Nuruzh Zholam, especially in the religion field that describes how good Islamic Education learning which implemented in that school. Those results are related to the method implemented by Islamic Education teachers and students’ activity in that school. Based on those things, the research problems are 1) How is the using of character education method implemented by Islamic Education teachers at MTs Nuruzh Zholam? 2) How is the learning activity of the character education method at MTs Nuruzh Zholam? 3) How is the learning outcome of the character education method at MTs Nuruzh Zholam? 4) Is there any effect of using the character education method on students’ learning activity at MTs Nuruzh Zholam? 5) Is there any effect of using the character education method on students’ learning outcomes at MTs Nuruzh Zholam?

This research was quantitative and implemented in Eighth Grade at MTs Nuruzh Zholam Seruyan Hilir Timur. The samples were 44 people consisting of 4 Islamic Education teachers and 40 students. The data collection technique used a questionnaire, and data validation techniques used normality, homogeneity, and linearity test. Then hypotheses testing used simple regression analysis, t test, and R test.

The results showed that: 1) Islamic Education teachers had different skills and ways of using the method, 2 teachers used the method in the very good category and 2 teachers used the method in the good category.
But overall the most used methods were example and habituation. 2) The learning activity in the Islamic Education course was in a good category. The average score from students’ learning activity was 79.375 on Fiqih course, 85.25 on Al-Qur’an Hadist, 86.975 on Akidah Akhlak course, and 67.95 on SKI course. 3) The students’ learning outcome in Islamic Education course was in a good category. The average score for Islamic Education learning outcome was 76.75 on Fiqih course, 81.65 on Al-Qur’an Hadist, 85.175 on Akidah Akhlak course, and 73.3 on SKI course. 4) The use of the character education method affects students’ activity and the score was 97.3% in the very big category. 5) The use of the character education method affects students’ learning outcomes and the score was 96.4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 16 Feb 2024 06:22
Last Modified: 16 Feb 2024 06:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5372

Actions (login required)

View Item View Item