Problem mengajarkan baca dan hafal al-qur’an pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas iii di MIN II Palangka Raya

Nasution, Megawati (2022) Problem mengajarkan baca dan hafal al-qur’an pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas iii di MIN II Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS Megawati Nasution 2010160160.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang dihadapi oleh guru Al-Qur’an Hadits kelas III di MIN II kota Palangka Raya yakni sulitnya mengajrakan materi yang diampu khusunya terkait dengan kemampuan siswa dalam membaca, menulis dan menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits, berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini betujuan untuk menganalisis mengenai Problem Mengajarkan Baca dan hafal Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MIN II Palangka Raya serta upaya guru dalam mengatasi problem yang dihadapi dalam pembelajaran baca dan hafal Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MIN II Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif penelitian ini dilaksanakan di MIN II kota Palangka Raya, subjek pada penelitian ini berjumlah lima orang yang terdiri dari satu orang guru Al-Qur’an Hadits, dua orang guru PAI, satu orang Waka Kurikulum dan satu orang ketua TPA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data dilakukan dengan data reduction, data display dan conclusions drawing/ verifying, sedangkan teknik pengabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode.

Penelitian ini memperoleh dua hasil yang pertama yaitu Problem Mengajarkan Baca dan hafal Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas III di MIN II Palangka Raya terdiri dari dua jenis yakni problem yang bersumber dari internal siswa dan eksternal siswa. Problem yang bersumber dari internal siswa yaitu terkait kemampuan siswa dalam penguasaan Makharijul huruf, kemampuan memahami harakat dan tajwid. Sedangkan permasalahan yang bersumber dari eksternal siswa yakni kurangnya jumlah guru sehingga beban kerja guru bertambah yang mengakibatkan guru tidak dapat maksimal dalam melakukan proses pembelajaran ditambah dengan kondisi guru yang mengajar tidak menggunakan perangkat pembelajaran serta guru yang mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi akademik mata pelajaran yang diampu. Kedua, upaya guru dalam mengatasi Problem Mengajarkan Baca dan hafal Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MIN II Palangka Raya terbagi menjadi dua, pertama untuk mengatasi permasalahan yang bersumber dari internal siswa guru melakukan penekanan khusus dalam bentuk pendampingan pada siswa yang mengalami kesulitan pada proses pembelajaran, kemudian dilakukan pembiasaan pada siswa yaitu dalam bentuk tadarus rutin dan program tahfidz kemudian untuk siswa yang benar-benar membutuhkan penanganan khusus sekolah menyediakan program TPA. Kedua untuk menangani permasalah yang bersumber dari eksternal siswa yakni terkait kurangnya pendidik dan pendidik yang tidak sesuai kualifikasi akademik pihak sekolah masih mengusahakannya.

ABSTRACT

This research is motivated by the problems faced by third grade Al-Qur'an Hadith teachers at MIN II Palangka Raya city, namely the difficulty of teaching the material taught, especially related to students' ability to read, write and memorize verses of the Qur'an and Hadith, Based on this, this study aims to analyze the problems of learning to read and memorize the Qur'an in the third grade Al-Qur'an Hadith subject at MIN II Palangka Raya and the teacher's efforts in overcoming the problems faced in learning to read and memorize Al-Qur'an. -Qur'an in the subjects of Al-Qur'an Hadith class III at MIN II Palangka Raya.

This research is a field research using a qualitative approach, with a descriptive qualitative type. This research was carried out in MIN II Palangka Raya, the subjects in this study were five people consisting of one Al-Qur'an Hadith teacher, two PAI teachers, one Deputy Head of Curriculum and one TPA chairperson. The data collection technique uses observation, interview and documentation techniques, then data analysis techniques are carried out with data reduction, data display and conclusions drawing/verifying, while the data validation technique is carried out using source triangulation techniques and methods.

This study obtained the first two results, namely the problem of learning to read and memorize the Qur'an in the subjects of Al-Qur'an Hadith Class III at MIN II Palangka Raya consisting of two types, namely problems originating from internal students and external students. Problems that come from internal students are related to students' abilities in mastering Makharijul letters, the ability to understand harakat and tajwid. While the problems that come from external students are the lack of teachers so that the workload of teachers increases which results in teachers not being able to maximize the learning process coupled with the condition of teachers who teach not using learning tools and teachers who teach not in accordance with the academic qualifications of the subjects being taught. Second, the teacher's efforts in overcoming the problems of learning to read and memorize the Qur'an in the third grade Al-Qur'an Hadith subject at MIN II Palangka Raya are divided into two, first to overcome problems that originate from internal students, the teacher places special emphasis on the form of assistance to students who have difficulty in the learning process, then habituation is carried out on students, namely in the form of routine tadarus and tahfidz programs then for students who really need special handling the school provides a TPA program. Second, to deal with problems that originate from external students, namely the lack of educators and educators who do not match academic qualifications, the school is still working on it.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Al-Qur'an
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 16 Feb 2024 06:18
Last Modified: 16 Feb 2024 06:18
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5371

Actions (login required)

View Item View Item