Perbandingan motivasi dan hasil belajar antara tatap muka dengan daring dalam pembelajaran blended mata pelajaran pai siswa kelas v SDIT Al Ghazali Palangka Raya

Rusadi, Hadi (2022) Perbandingan motivasi dan hasil belajar antara tatap muka dengan daring dalam pembelajaran blended mata pelajaran pai siswa kelas v SDIT Al Ghazali Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS HADI RUSADI-2010160158.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari hasil observasi di SDIT Al Ghazali Palangka Raya. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah, saat belajar daring diketahui bahwa siswa tidak serius dalam belajar. Hal ini terlihat dari perilaku siswa saat Zoom menutup kamera, tidak fokus, dan kurang bersemangat sehingga berdampak pada hasil belajar rendah dari rapot semester sebelumnya. Oleh karena itu peneliti ingin menawarkan solusi dengan menerapkan pembelajaran blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang; (1) motivasi belajar siswa kelompok offline (2) motivasi belajar siswa kelompok online (3) hasil belajar siswa kelompok offline (4) hasil belajar siswa kelompok online (5) perbedaan motivasi belajar siswa kelompok offline dengan kelompok online (6) perbedaan hasil belajar siswa kelompok offline dengan kelompok online.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pra eksperimen Teknik penentuan sampel adalah purposive samping dengan jumlah 24 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan rumus uji t sampel independen untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) motivasi belajar siswa kelompok offline diketahui dari 12 siswa terdapat 50% atau 6 siswa berada pada kriteria sangat tinggi dan 50% atau 6 siswa berada pada kriteria tinggi serta perolehan nilai rata-rata kelas 56 (2) motivasi belajar siswa kelompok online diketahui dari 12 siswa terdapat 50% atau 6 siswa berada pada kriteria tinggi dan 50% atau 6 siswa berada pada kriteria cukup serta perolehan nilai rata-rata kelas 43,5 (3) hasil belajar siswa kelompok offline diketahui dari 12 siswa terdapat 58,3% atau 7 siswa berada pada kriteria sangat tinggi dan 41,7% atau 5 siswa berada pada kriteria tinggi serta perolehan nilai rata-rata kelas 86,5 (4) hasil belajar siswa kelompok online diketahui dari 12 siswa terdapat 8,3% atau 1 siswa berada pada kriteria sangat tinggi, 41,7% atau 5 siswa berada pada kriteria tinggi, 41,7% atau 5 siswa berada pada kriteria sedang, 8,3% atau 1 siswa berada pada kriteria rendah serta perolehan nilai rata-rata kelas 73. (5) Terdapat perbedaan motivasi belajar offline dengan motivasi belajar online dalam pembelajaran blended mata pelajaran PAI siswa kelas V SDIT Al Ghazali Palangka Raya. Uji t sampel independen menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima. (6) Terdapat perbedaan hasil belajar offline dengan hasil belajar online dalam pembelajaran blended mata pelajaran PAI siswa kelas V SDIT Al Ghazali Palangka Raya. Uji t sampel independen menunjukkan nilai sig. 0,001 dan 0,002 < 0,05 sehingga H1 diterima

ABSTRACT

This study departs from the results of observations at SDIT Al Ghazali Palangka Raya. Based on the results of interviews with the principal, when studying online it was found that students were not serious in learning. This can be seen from the behavior of students when Zoom closed the camera, did not focus, and lacked enthusiasm so that it had an impact on low learning outcomes from the previous semester's report cards. Therefore, the researcher wants to offer a solution by applying blended learning. This study aims to describe about; (1) offline group student learning motivation (2) online group student learning motivation (3) offline group student learning outcomes (4) online group student learning outcomes (5) offline group student learning motivation differences with online groups (6) learning outcomes differences offline group students with online groups.

This study uses a pre-experimental quantitative approach. The sample determination technique is purposive with a total of 24 students. The research instrument used questionnaires and learning outcomes tests. Data analysis used the independent sample t test formula to test the hypothesis.

The results showed that; (1) offline group student learning motivation is known from 12 students there are 50% or 6 students are in very high criteria and 50% or 6 students are in high criteria and the acquisition of an average grade 56 (2) online group student learning motivation is known of 12 students there are 50% or 6 students are in the high criteria and 50% or 6 students are in the sufficient criteria and the acquisition of an average grade of 43.5 (3) student learning outcomes in the offline group are known from 12 students there are 58.3% or 7 students are in very high criteria and 41.7% or 5 students are in high criteria and the acquisition of an average grade of 86.5 (4) online group student learning outcomes are known from 12 students there are 8.3% or 1 student are in the very high criteria, 41.7% or 5 students are in the high criteria, 41.7% or 5 students are in the medium criteria, 8.3% or 1 student is in the low criteria and the average grade score is 73. (5) There are differences in the motivation to buy offline teaching with online learning motivation in blended learning of PAI subjects for fifth grade students of SDIT Al Ghazali Palangka Raya. Independent sample t test shows the value of sig. 0.000 < 0.05 so H1 is accepted. (6) There are differences in offline learning outcomes with online learning outcomes in blended learning of PAI subjects for fifth grade students of SDIT Al Ghazali Palangka Raya. Independent sample t test shows the value of sig. 0.001 and 0.002 < 0.05 so that H1 is accepted.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Blended ; Pendidikan Agama Islam
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 16 Feb 2024 06:10
Last Modified: 16 Feb 2024 06:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5370

Actions (login required)

View Item View Item