Mengatasi kesulitan anak dalam membaca Al-qur’an melalui les privat bimbingan belajar tiara Palangka Raya

Maulidia, Maulidia (2022) Mengatasi kesulitan anak dalam membaca Al-qur’an melalui les privat bimbingan belajar tiara Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS MAULIDIA & 19016138.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bimbingan Belajar TIARA Palangka Raya memberikan solusi terhadap orangtua yang ingin mendatangkan guru privat Al-Qur’an kerumahnya. Dengan dilatarbelakangi oleh anak yang kurang berminat terhadap les privat Al-Qur’an, sedangkan rata-rata les privat dilaksanakan hanya karena dorongan orangtua. Terlebih lagi les privat tidak hanya secara offline tetapi juga online. Oleh karena itu, kesulitan apakah yang dihadapi anak pada saat les privat. Hal ini menjadi fenomena menarik untuk diteliti.

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Menganalisis kesulitan yang dialami siswa dalam membaca Al-Qur’an melalui les privat pada guru Al-Qur’an yang mengajar di bawah naungan Bimbingan Belajar TIARA Palangka Raya, 2) Memetakan kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an melalui les privat pada guru Al-Qur’an yang mengajar di bawah naungan Bimbingan Belajar TIARA Palangka Raya, dan 3) Mendeskripsikan upaya guru privat Al-Qur’an untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan dalam pembahasannya menggunakan metode studi kasus, dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru privat Al-Qur’an. Sedangkan murid, orangtua dan orang yang terlibat didalam keluarga merupakan informan.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 1) kesulitan anak dalam membaca al-Qur’an melalui les privat yaitu terdiri dari: a) jenis kesulitan meliputi mengingat makhrijul huruf dan ketepatan hukum ilmu tajwid, b) kesulitan yang disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi, c) problem yang dihadapi siswa saat kesulitan belajar membaca al-Qur’an secara offline dan online, 2) pemetaan kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yaitu a) anak yang mengalami kesulitan jangka pendek atau dapat di atasi, b) anak yang mengalami kesulitan jangka panjang atau lambat untuk dapat di atasi, 3) upaya guru les privat mengatasi kesulitan siswa dalam belajar membaca Al-Qur’an yaitu 1) mengulang bacaan yang dianggap anak sukar di tiap akhir pembelajaran, sampai anak benar-benar ingat, 2) memberikan pembelajaran ilmu tajwid, 3) memberikan game terkait ilmu tajwid, 4) bercerita tentang keutamaan dan kemuliaan al-Qur’an, dan 5) guru menyesuaikan situasi, kondisi, dan suasana hati anak.

ABSTRACT

TIARA Palangka Raya Tutoring provides a solution for parents who want to bring a private Al-Qur'an teacher to their home. With the background that children are less interested in private tutoring of the Qur'an, while the average private tutoring is carried out only because of the encouragement of parents. Moreover, private lessons are not only offline but also online. Therefore, what difficulties do children face during private lessons? This is an interesting phenomenon to study.

The aims of this study are: 1) Analyzing the difficulties experienced by students in reading the Qur'an through private tutoring to Al-Qur'an teachers who teach under the auspices of TIARA Palangka Raya Tutoring, 2) Mapping students' difficulties in reading the Qur'an. 'an through private tutoring to Al-Qur'an teachers who teach under the auspices of TIARA Palangka Raya Tutoring, and 3) Describe the efforts of private Al-Qur'an teachers to overcome students' difficulties in reading the Qur'an.

This research is a type of qualitative research and in its discussion using the case study method, with data collection techniques using observation, interviews and documentation. The subject of this research is a private Al-Qur'an teacher. Meanwhile, students, parents and people involved in the family are informants.

The results of this study prove that 1) children's difficulties in reading the Qur'an through private tutoring consist of: a) types of difficulties include remembering makhrijul letters and the legal accuracy of tajwid, b) difficulties caused by influencing factors, c ) problems faced by students when learning to read the Qur'an offline and online, 2) mapping difficulties in learning to read the Qur'an, namely a) children who have short-term or overcomeable difficulties, b) children who have difficulties long-term or slow to be overcome, 3) the efforts of private tutors to overcome students' difficulties in learning to read the Qur'an, namely 1) repeating readings that are considered difficult by children at the end of each lesson, until the children really remember, 2) giving learning tajwid, 3) giving games related to tajwid, 4) telling stories about the virtues and glory of the Qur'an, and 5) the teacher adapting the situation, condition, and mood of the child.
Keywords: Difficulty, Reading Al-Qur'an, Private Lessons

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur'an
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:57
Last Modified: 15 Feb 2024 02:57
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item View Item