Strategi peer teaching belajar membaca al-qur’an pada pelajaran al-qur’an hadist di kelas VII Mtsn 1 Kotawaringin Barat

Rosyadi, Ahmad (2022) Strategi peer teaching belajar membaca al-qur’an pada pelajaran al-qur’an hadist di kelas VII Mtsn 1 Kotawaringin Barat. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS Ahmad Rosyadi & 18016098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran strategi peer teaching sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa sehingga pembelajaran yang berlangsung lebih bermakna. Melakukan strategi apapun, dipastikan memiliki kelemahan. Semua bergantung bagaimana guru menyiasatinya sehingga mendapatkan peluang dan kelebihan dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran. Strategi peer teaching dilakukan guru dengan memilih tutor sebaya sebagai pembimbing, dalam hal ini adalah siswa. Siswa yang dipilih memiliki kelebihan/ kompetensi di antara temannya. Guru hanya membantu untuk memberikan arahan mengenai pelaksanaannya.

Sebagaimana yang dipraktikkan di MTs Negeri 1 Kotawaringin Barat, pada pembelajaran Al-Qura’an Hadist. Berdasar latar belakang, maka permasalahan penelitian ini adalah: 1). Bagaimana proses pembelajaran membaca Al-Qur’an pada pelajaran Al-Qur’an Hadist dengan menggunakan strategi peer teaching. 2) Bagaimana kendala melakukan peer teaching dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada pelajaran Al-Qur’an Hadist. 3). Bagaimana perkembangan kompetensi siswa dalam membaca Al-Quran dengan penerapan strategi peer teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist.

Pada penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggambarkan keadaan secara naratif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka; Proses Pembelajaran Membaca Al-Quran-Hadits dengan menggunakan Stategi Peer Teaching di Kelas VII secara umum terdiri dari tiga tahap yaitu tahap awal, inti dan penutup. strategi ini cukup efektif dan sangat bagus. Sedangkan Kendala-kendala dalam implementasi strategi ini yaitu sebagai berikut Kurangnya kesiapan siswa karena minimnya pengetahuan mereka terhadap materi yang akan dibahas, Kurangnya rasa percaya diri, Lebih menonjolnya siswa yang aktif dibandingkan yang kurang aktif clan praktik pembelajaran dengan durasi yang lebih lama dibandingkan perencanaan awal. Menggunakan Strategi ini adanya peningkatan yang cukup baik mengenai kemampuan siswa dalam membaca AlQur’an, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik meningkat dibanding sebelum menggunakan menggunakan strategi Peer Teaching. Hasil ini telah meningkat yang signifikan. Hal ini disebabkan telah berjalannya dengan optimal kemandirian belajar peserta didik dengan pembelajaran menggunakan strategi Peer Teaching. Selain itu adanya peningkatan kemampuan siswa yang cukup baik dari hasil penelitian, karena siswa dapat belajar mengajar siswa dengan siswa lainnya bisa saling bertanya dan memberi kesempatan kepada siswa yang lebih pandai untuk menjadi tutor.

ABSTRACT

Learning peer teaching strategy as one of the alternatives to improve the activeness of student learning so that the learning that takes place is more meaningful. Doing any strategy, it is certain to have weaknesses. It all depends on how the teacher gets around it so as to get opportunities and advantages in implementing learning strategies. Peer teaching strategy is carried out by teachers by choosing a peer tutor as a mentor, in this case it is the student. The selected student has advantages / competencies among his friends. The teacher only helps to give instructions regarding its implementation.

As practiced in MTs Negeri 1 Kotawaringin Barat, on the learning of the Qur'an Hadith. Based on background, the problem of this research is: 1). How the learning process reads the Qur'an in the lessons of the Qur'an Hadith using peer teaching strategies. 2) How are the constraints of peer teaching in learning to read the Qur'an on the lessons of the Qur'an Hadith. 3). How the development of students' competence in reading the Quran with the application of peer teaching strategies in the subjects of the Qur'an Hadith.

In this study is a type of descriptive research with a qualitative approach to describe the state in a qualitative narrative. Based on the results of the study then; The process of Learning to Read the Qur'an-Hadith using Peer Teaching Strategy in Class VII generally consists of three stages, namely the initial, core and closing stages. This strategy is quite effective and very good. While the obstacles in the implementation of this strategy are as follows The lack of readiness of students due to their lack of knowledge of the material to be discussed, Lack of confidence, More prominence of active students than less active clan learning practices with a longer duration than the initial planning. Using this strategy there is a fairly good improvement regarding the ability of students in reading the Qur'an, There is an increase in student learning outcomes increased compared to before using peer teaching strategies. This result has increased significantly. This is because it has run with optimal student learning independence by learning using Peer Teaching strategies. In addition, there is a fairly good improvement in student ability from the results of research, because students can learn to teach students with other students can ask each other questions and give smarter students the opportunity to become tutors.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur'an
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:45
Last Modified: 15 Feb 2024 02:45
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5361

Actions (login required)

View Item View Item