Manajemen pembelajaran kemuhammadiyahan i prodi pgsd di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Alkindi, Zona Ratih (2022) Manajemen pembelajaran kemuhammadiyahan i prodi pgsd di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS ZONA RATIH ALKINDI & 2010130303.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mata kuliah Kemuhammadiyahan I, termasuk wajib ditempuh mahasiswa di Perguruan Tinggi Muhammadiyah, karenanya dituntut untuk sesuai dengan standar manajemen pembelajarannya. Penelitian ini penting untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Kemuhammadiyahan I Prodi PGSD di FKIP UMPR.

Penelitian ini kualitatif, penggalian datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kaprodi PGSD FKIP UMPR dan Dosen pengampu mata kuliah Kemuhammadiyahan I. Pengabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, dengan analisis data melalui langkah koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Temuan penelitian ini bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran Kemuhammadiyahan I Prodi PGSD di FKIP UMPR, dilakukan dengan mengadakan pelatihan pengembangan silabus AIK di akhir semester pada tingkat universitas untuk menyamakan persepsi dan pengembangan; Penetapan dosen pengampu AIK direkomendasikan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah dan melalui rekrutmen langsung oleh universitas sesuai dengan dengan standar dan ketentuan sebagai dosen AIK yang ditetapkan oleh pimpinan pusat; Pengumpulan Rencana Pembelajaran Semester mata kuliah Kemuhammadiyahan I di awal semester melalui Prodi yang dikumpulkan ke Wakil Rektor 1 sebagai bidang akademik dan pengembangan. 2) Pelaksanaan pembelajaran Kemuhammadiyahan I Prodi PGSD di FKIP UMPR dapat dilihat pada: Mahasiswanya yang diwajibkan menempuh mata kuliah AIK I sampai dengan AIK III sebelum ujian skripsi baik itu mahasiswa muslim maupun non-muslim dalam menerima materi pembelajaran meliputi lima aspek yaitu al-Qur'an-Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih, dan Kemuhammadiyahan (aspek sejarah berdirinya, organisasi, perjuangan, amal usaha dan tokoh pemimpinnya); Metode pembelajaran yang digunakan oleh dosen Kemuhammadiyahan I Prodi PGSD di FKIP UMPR secara teoritis dan praktik. 3) Evaluasi pembelajaran Kemuhammadiyahan I Prodi PGSD di FKIP UMPR, terdiri dari: Evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan melalui penilain tiap perkuliahan, tengah semester dan akhir semester; dan evaluasi hasil yang dilakukan di tingkat Program Studi dan universitas diwakili oleh dosen tetap yayasan, di bawah tanggung jawab koordinator dan Gugus Kendali Mutu. Bermaksud untuk mendapatkan informasi keberhasilan pembelajaran Kemuhammadiyahan secara keseluruhan.

ABSTRACT

Kemuhammadiyahan I courses, including those that must be taken by students at Muhammadiyah Higher Education, are therefore required to comply with learning management standards. This research is important to find out how to plan, implement and evaluate learning for Kemuhammadiyahan I PGSD Study Program at FKIP UMPR.

This research is qualitative, data collection uses observation, interviews and documentation techniques. The subjects of this study were the Head of PGSD Study Program FKIP UMPR and lecturers of the Kemuhammadiyahan I course. Data validation used an extension of observation, with data analysis through the steps of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions.

The findings of this study are: 1) Planning for Kemuhammadiyahan I PGSD Study Program at FKIP UMPR, is carried out by holding AIK syllabus development training at the end of the semester at the university level to equate perception and development; The appointment of AIK supporting lecturers is recommended by the Central Kalimantan Muhammadiyah Regional Leadership and through direct recruitment by the university in accordance with the standards and conditions as AIK lecturers determined by the central leadership; Collection of Semester Learning Plans for Kemuhammadiyahan I courses at the beginning of the semester through Study Programs submitted to Vice Chancellor 1 as academic and development fields. 2) The implementation of Kemuhammadiyahan I learning in PGSD Study Program at FKIP UMPR can be seen in: Students who are required to take AIK I to AIK III courses before the thesis examination, both Muslim and non-Muslim students, in receiving learning material cover five aspects, namely the Al-Qur'an-Hadith, Aqidah, Morals, Fiqh, and Kemuhammadiyahan (aspects of the history of its establishment, organization, struggle, business charity and leaders); The learning method used by lecturers of Kemuhammadiyahan I PGSD Study Program at FKIP UMPR theoretically and practically. 3) Evaluation of Kemuhammadiyahan I learning in PGSD Study Program at FKIP UMPR, consisting of: Evaluation of the learning process which is carried out through assessments for each lecture, midterm and end of semester; and evaluation of results carried out at the Study Program and university level represented by permanent foundation lecturers, under the responsibility of the coordinator and the Quality Control Group. Intended to obtain information on the success of Muhammadiyah learning as a whole

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Kemuhammadiyahan
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:29
Last Modified: 13 Feb 2024 07:29
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5356

Actions (login required)

View Item View Item