Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Muhammadiyah Sukamara

Susanto, Edi (2022) Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Muhammadiyah Sukamara. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS Edi Susanto 2010130291.pdf

Download (2MB)

Abstract

SDIT Muhammadiyah yang merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Sukamara saat ini masih memiliki sarana dan prasarana yang terbatas. Di tengah keadaan yang serba terbatas tersebut SDIT Muhammadiyah tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran terhadap para peserta didiknya. Pihak sekolah bersama dengan pihak terkait memaksimalkan sarana yang ada beserta prasarana berupa gedung yang merupakan milik pemerintah, dengan mengaturnya sedemikian rupa sehingga seluruh aspek sarana prasarana sekolah ini terpenuhi. Atas usaha sekolah ini SDIT Muhammadiyah Sukamara saat ini telah mendapatkan kepercayaan dari sebagian masyarakat untuk menyekolahkan patera-puterinya di sekolah ini.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen perencanaan, pengadaan, penginventarisasian, penyimpanan dan pemeliharaan serta penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Muhammadiyah Sukamara.

Subjek penelitian ini adalah BN selaku kepala sekolah dan AF selaku ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Sukamara. Adapun selaku informan adalah HPS selaku coordinator sarana prasarana beserta dua orang guru ID dan ER
Jenis penelitialn ini aldallalh field resealrch, malksudnyal penelitialn lalpalngaln yalng membalhals tentalng malsallalh yalng berkalitaln dengaln malnaljemen salralnal daln pralsalralnal pendidikaln. Pendekatan penelitialn ini aldallalh kuallitaltif, alrtinyal daltal yalng berupal penjelalsaln tentalng manajemen salralnal daln pralsalralnal pendidikaln.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen sarana prasarana Pendidikan SDIT Muhammadiyah Sukamara dalam hal perencalnalaln sudah dilaksanakan dengan baik. (1) Dalam perencanaan sekolah ini melibatkan pihak lain yang menghasilkan keputusan bersama kemudian dituangkan dalam RKAS sekolah untuk 1 (satu) tahun ke depan. (2) Pengadaan sarana prasarana telah terlaksana sesuai ketentuan yakni dengan cara pembelian, droping dari pemerintah serta hibah dari pihak lain yang sifatnya tidak mengikat. (3) Penginventarisasian sarana dan prasarana sekolah belum terlaksana dengan baik, hal ini dikarenakan belum terpenuhinya hal-hal yang diwajibkan pada kegiatan inventarisasi. (4) Pelaksanaan penyimpanan dan pemeliharaan telah terlaksana dengan baik. (5) Pelaksanaan manajemen penghapusan sarana dan prasarana sekolah di SDIT Muhammadiyah Sukamara belum sesuai ketentuan yang ada. Baik dalam hal tata caranya yang tidak melalui tahapan proses-proses yang sudah ditentukan, maupun secara mekanismenya yang belum sesuai sebagaimana pedoman persyarikatan Muhammadiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sarana Prasarana Sekolah
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:22
Last Modified: 12 Feb 2024 04:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5350

Actions (login required)

View Item View Item