Wibowo, Yudi Eko (2022) Manajemen peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 1 Batu Ampar Kabupaten Seruyan. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
TESIS Yudi Eko Wibowo 2010130302.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang Manajerial Peningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Batu Ampar Kabupaten Seruyan, penulis tertarik untuk meneliti lebih mendalam, bagaimana manajerial peningkatkan kinerja guru SMA 1 Batu Ampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1). planning; 2). organizing; 3). Actuating; 4). Controlling dalam peningkatan kinerja Guru.
Pendekatan dalam penelitian ini; pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif untuk memperoleh pemahaman yang mendalam atau mendeskripsikan sebuah fenomena yaitu menajemen kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah dan sedangkan objeknya adalah peningkatan kinerja guru. Pengabsahan data menggunakan metode triangulasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Planning yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMAN 1 Batu Ampar meliputi perencanaan tujuan kegiatan, menentukan guru yang menjadi sasaran kegiatan, menentukan koordinator/tim pelaksana kegiatan, menentukan bentuk program kegiatan, menentukan waktu kegiatan, pengalokasian pembiayaan kegiatan, menentukan bentuk evaluasi kinerja guru, perencanaan ditetapkan berdasarkan rapat kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik. 2). Organizing yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru SMAN 1 Batu Ampar dengan mekanisme penunjukan langsung yang ditugaskan sebagai guru sasaran kegiatan, koordinator /ketua dan bendahara pelaksana kegiatan sedangkan struktur lain dipercayakan kepada ketua koordinator. 3). Actuating peningkatan kinerja guru meliputi supervisi individual yang dilakukan kepala sekolah, kegiatan MGMP tingkat sekolah/kabupaten, Pelatihan Online yang diselenggaran pihak ketiga seperti yang diselenggaran oleh Pergguruan Tinggi, Organisasi Guru, Dinas pendidikan, dan kementerian dikbud dan ristek, IHT Tingkat sekolah. 4). Controlling/pengawasan terhadap peningkatan kinerja guru yang digunakan kepala sekolah dalam melaksanakan pengawasan dengan cara melakukan observasi sewaktu waktu, laporan-laporan baik lisan maupun tertulis, dan penilaian kinerja.
ABSTRACT
This thesis discusses Managerial Teacher Performance Improvement at SMA Negeri 1 Batu Ampar, Seruyan Regency, the author is interested in researching more deeply, how managerial performance improves teacher performance at SMA 1 Batu Ampar. This study aims to describe: 1). planning; 2). organizing; 3). Actuating; 4). Controlling in improving teacher performance.
The approach in this research; a qualitative approach with a descriptive qualitative type to gain a deep understanding or describe a phenomenon, namely the management of school principals in improving teacher performance. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation studies. The research subject is the principal and the object is the improvement of teacher performance. Validation of data using triangulation method. The data were analyzed through the stages of data reduction, data presentation and conclusion drawing.
The results of this study indicate that: 1). Planning carried out by the principal in improving teacher performance at SMAN 1 Batu Ampar includes planning the objectives of the activity, determining the teacher who is the target of the activity, determining the coordinator/team implementing the activity, determining the form of the activity program, determining the time of the activity, allocating the financing of activities, determining the form of performance evaluation. teachers, planning is determined based on a meeting of the principal, vice principal, teachers and teaching staff. 2). Organizing is carried out by the principal in improving the performance of SMAN 1 Batu Ampar teachers with a direct appointment mechanism assigned as the target teacher of the activity, coordinator/chairman and treasurer of implementing activities while other structures are entrusted to the chief coordinator. 3). Actuating teacher performance improvement includes individual supervision carried out by school principals, MGMP activities at the school/district level, online training organized by third parties such as those held by universities, teacher organizations, education offices, and the ministry of education and research and technology, school level IHT. 4). Controlling/supervision of teacher performance improvement used by school principals in carrying out supervision by means of observations from time to time, reports both oral and written, and performance appraisals. More about this source textSource text required for additional translation information Send feedback Side panels.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Kepala sekolah |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 03:55 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 03:55 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5349 |
Actions (login required)
View Item |