Manajemen sistem daring dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Mts Thalabul Irsyad Kabupaten Kapuas

Murdinia, Warahmah (2022) Manajemen sistem daring dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Mts Thalabul Irsyad Kabupaten Kapuas. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS - WARAHMAH MURDINIA & 2010130301.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maraknya wabah covitd19 yang melanda dunia termasuk di kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, dan sekitarnya yang mulai terjadi pada bulan Maret 2020 dan berdampak cukup besar pada aspek pendidik, sehingga mengharuskan adanya social distancing. Dalam upaya meminimalisir penyebaran covid 19, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merespon dengan kebijakan belajar dari rumah dengan sistem daring, upaya pemberian hak belajar peserta didik dan layanan pendidikan. Karena itu peneliti bermaksud meneliti dengan rumusan masalah bagaimana: 1) Perencanaan sistem daring dalam pembelajaran pendidikan agama Islam; 2) Pengorganisasian sistem daring dalam pembelajaran pendidikan agama Islam; 3) Pelaksanaan sistem daring dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan 4) Pengawasan sistem daring dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Thalabul Irsyad Kabupaten Kapuas.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif merupakan pendekatan kulaitatif dengan objek penelitian manajemen sistem daring dalam pelajaran pendidikan agama Islam, dengan subyek penelitian 4 orang guru PAI dan kepala sekolah dengan sumber data purposive, teknik pengambilan data purposive sampling. Sumber data primer guru PAI dan kepala sekolah, data sumber sekunder yaitu foto, catatan informasi, rekaman audio dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian, data juga didapat dari informan yaitu wakamat kurikulum, TU, dan juga wali murid. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi, sedangkan teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian: 1) Perencanaan dilakukan dalam rapat awal semester saat pandemi covid19 yang melibatkan seluruh personil sistem daring dalam pembelajaran serta adanya jadwal pelaksanaan dengan menggunakan media pembelajaran WA dan googel classroom dan pelaksana kegiatan yaitu pendidik, dibantu operator; 2) Pengorganisasian terdiri dari pengelompokan sumberdaya manusia dengan struktur organisasi dan job description yang terdiri dari kepala sekolah sebagai pengawas dan penaggung jawab, pelaksana kegiatan pendidik, yang dibantu wali kelas dan operator; 3) Pelaksanaan sistem daring dalam pembelajaran dilakukan pada saat jam pelajaran menggunakan WA group dengan materi yang disampaikan dengan video, audio, youtube dan PDF, selain itu kepala sekolah juga memberikan pengarahan dan motivasi kepada pendidik, tenaga kependidikan operator maupun peserta didik; 4) Pengawasan dilakukan kepala sekolah pada saat pembelajaran daring dengan aspek yang diawasi presensi kehadir pendidik dan peserta didik, penyampaian materi pembelajaran serta kesiapan perangkat pembelajaran yaitu RPS.

ABSTRACT

Covid-19 pandemic hit the world and had a big impact on education aspect, especially in Kapuas Regency, Central Kalimantan. It required social distancing. The Ministry of Education and Culture made policies by learning from home with an online system, providing students’ learning rights, and giving educational services in order to minimize the spread of COVID-19 pandemic. The statements of research problems were: 1) Online system planning on Islamic education learning; 2) Organizing online system on Islamic education learning; 3) Implementation of online system on Islamic education learning; and 4) Online system monitoring on Islamic education learning at MTs Thalabul Irsyad Kapuas Regency.

The study was descriptive with qualitative approach. The object was online system management on Islamic education learning. There were 4 Islamic education teachers and a school principal as subjects with purposive data sources. The data collection technique used was purposive. Primary data sources were Islamic education teachers and school principal, while secondary data sources were photos, information notes, audio recordings, as well documents related to research. Data were also obtained from informants, namely vice principal of curriculum, administration, and student guardian. Data collections were observation, interviews, and documentation. Data validation technique used triangulation, while data analysis techniques were data collection, reduction, data presentation, and conclusion.

The research results: 1) Planning was done in the first semester meeting during Covid-19 pandemic involving all online system personnel in learning as well the implementation schedule using WhatsApp and Google Classroom learning media with activity implementers, such as educators assisted by operators; 2) Organizing consisted of human resource grouping with an organizational structure and job description consisting of school principal as supervisor and person in charge as well activity implementers, such as educators assisted by operators; 3) The online system implementation was conducted during lesson hours using WhatsApp group with material delivered with video, audio, YouTube, and PDF. In addition, the principal provided guidance and motivation to the educators, educational staff operators, and students; and 4) Supervision was carried out by school principal during online learning with aspects supervised with the presence of educators and students, the explanation of learning material, as well the readiness of learning tool, namely semester lesson plan or called RPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembelajaran PAI
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:46
Last Modified: 12 Feb 2024 03:46
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5348

Actions (login required)

View Item View Item