Najmi, Mustika (2022) Pengaruh penggunaan social proof dan tagline terhadap keputusan pembelian pada sobat shopee indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
TESIS Mustika Najmi & 19015075.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan hasil penelitian sebelumnya mengenai pengaruh penggunaan social proof dan tagline terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu menarik untuk dilakukan penelitian lebih lanjut menggunakan sampel penelitian yang berbeda dan dianggap mampu mewakili karakteristik pengguna Shopee pada umumnya. Shopee membentuk sebuah komunitas resmi bernama Sobat Shopee Indonesia. Komunitas ini dibuat untuk mengumpulkan pembeli aktif yang melakukan pembelian minimal tiga kali dalam sebulan di aplikasi Shopee.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan social proof dan tagline terhadap keputusan pembelian pada Sobat Shopee Indonesia. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form pada 97 sampel yang diambil menggunakan teknik proportional sampling. Pengujian hipotesis menggunakan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan social proof tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai p-value lebih dari 0,05 sedangkan tagline berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, penggunaan social proof dan tagline berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Sobat Shopee Indonesia. Besarnya pengaruh penggunaan social proof dan tagline terhadap keputusan pembelian adalah 54,6 persen.
ABSTRACT
This research is motivated by the different results on the previous studies regarding the effect of using social proof and tagline on purchase decision. Thus, it is compelling to conduct further research using different research samples and is considered to be able to represent the characteristics of Shopee users in general. Shopee has formed an official community called Indonesian Sobat Shopee. This community was created to unite users who make purchases at least three times a month on the Shopee Application.
This study aims to analyze the influence of the use of social proof and tagline on purchase decision for Indonesian Sobat Shopee. The research approach uses a quantitative with a survey method conducted by distributing online questionnaires via google form to 97 samples taken using proportional sampling technique. Hypothesis testing uses the help of the Statistical Pachage for the Social Sciences version 25 program.
The results of research show that the use of social proof does not have a significant effect on purchase decisions, this is indicated by p-value of more than 0,05 while the tagline has a positive and significant effect on purchase decisions. The use of social proof and tagline simultaneously has a significant influence on purchase decision for Indonesian Sobat Shopee. The influence range of the use of social proof and tagline on purchase decisions is 54,6 percent.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keputusan Pembelian; |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 07:58 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 07:58 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5339 |
Actions (login required)
View Item |