Pengaruh latte factor terhadap manajemen keuangan pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Palangka Raya

Khairunnisa, Aliya (2022) Pengaruh latte factor terhadap manajemen keuangan pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS Aliya Khairunnisa & 19015071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena gaya hidup konsumtif yang banyak menjangkiti kalangan anak muda, istilah latte factor merujuk kepada perilaku pengeluaran kecil yang sebenarnya tidak begitu penting tetapi dilakukan terus menerus sehingga membuat seseorang menjadi lebih konsumtif. Pengeluaran yang dirasa kecil tetapi jika dikalkulasikan pada periode tertentu bisa menjadi nomimal yang besar, pengeluaran seperti ini tentunya akan membuat seseorang kesulitan dalam mengelola keuangannya.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa tinggi latte factor dan manajemen keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya, dan ingin menganalisis pengaruh latte factor terhadap manajemen keuangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form kepada 93 sampel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Latte factor mahasiswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 3,29, artinya mahasiswa memiliki keinginan untuk membeli suatu barang namun masih bisa mengontrol diri dan menerapkan skala prioritas dalam membeli barang tersebut. 2) Manajemen keuangan mahasiswa dalam penelitian ini termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,96, artinya mahasiswa sudah mampu mengelola anggaran, menghemat serta mengontrol pemasukan dan pengeluarannya dengan baik. 3) Latte factor berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

ABSTRACT

This research is motivated by the phenomenon of a consumptive lifestyle that infects many young people; the term latte factor revers to the behavior of small expense that was not so important but was carried out continuously to make a person more consumptive. Expenses were considered minor but, if calculated in a certain period, can be a large nominal; expenses like this will undoubtedly make it difficult for someone to manage their finances.

This study aims to analyze how high the latte factor and financial management of students of the Faculty of Economics and Islamic Business IAIN Palangka Raya and wanted to analyze the influence of latte factors on student financial management. This research used a quantitative approach with an ex-post facto research method which was carried out by distributing questionnaires online via google form to 93 samples.

The results of research showed that: 1) The student's latte factor is included in the moderate category with an average score of 3.29, meaning that students desire to buy an item but can still control themselves and apply a priority scale in buying the item. 2) The student’s financial management in this study is included in the high category with an average score of 3.96, meaning that students have been able to manage budgets and save and control their income and expenses well. 3) Latte factor significantly affected the financial management of students of the Faculty of Economics and Islamic Business IAIN Palangka Raya with a significance value of 0.000 < 0.05 , which means that Ho was rejected and Ha was accepted.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Keuangan
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:25
Last Modified: 07 Feb 2024 07:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5337

Actions (login required)

View Item View Item