Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening (studi kasus pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 1)

Fauzan, Muhammad (2022) Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening (studi kasus pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 1). Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS Muhammad Fauzan & 2010150102.pdf

Download (4MB)

Abstract

Persaingan dunia usaha yang semakin ketat menjadikan kepuasan konsumen sebagai syarat penting yang harus dimiliki oleh semua perusahaan agar bisa bersaing di pasar. Tuntutan kebutuhan konsumen akan suatu harga dari produk atau jasa serta pelayanan yang baik, menuntut para produsen dan pemasar berlomba memberikan nilai lebih pada produk ataupun jasanya. Kepuasan konsumen akan di dapat jika konsumen tersebut melakukan keputusan pembelian dengan melalui bereapa tahapan. Penelitian ini bermaksud mengemukakan pengaruh variabel keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Model penelitian ini menggunakan bauran pemasaran sebagai variabel eksogen dan kepuasan konsumen sebagai variabel endogen.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang didistribusikan kepada nasabah Bank Syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya 1 sebanyak 268 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan dibantu software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen. Namun, Bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa keputusan pembelian berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian selanjutnya adalah bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui mediasi variabel keputusan pembelian.

Dengan ditemukannya pengaruh mediasi variabel keputusan pembelian dari bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen, maka Bank Syariah Indonesia harus selalu berinovasi menyesuaikan perkembangan zaman dan menjaga kualitas produk agar terpenuhinya tuntutan kebutuhan masyarakat. Temuan ini juga menyarankan bahwa Bank Syariah Indonesia harus memiliki kualitas dalam mempromosikan produk-produknya agar masyarakat dapat memahami dengan benar pentingnya menggunakan produk Bank Syariah Indonesia. Pemahaman masyarakat terhadap produk akan menciptakan keputusan pembelian yang berujung kepada tercapainya kepuasan konsumen.

ABSTRACT

The increasingly fierce competition in the business world makes customer satisfaction an important requirement that must be owned by all companies in order to compete in the market. The demands of consumers' needs for a price for a product or service as well as good service require producers and marketers to compete to provide more value to their products or services. Consumer satisfaction will be obtained if the consumer makes a purchase decision by going through several stages. This study intends to express the influence of the purchasing decision variable as an intervening variable. This research model uses the marketing mix as an exogenous variable and consumer satisfaction as an endogenous variable.

This study uses a quantitative approach with primary data. Primary data were obtained through questionnaires distributed to customers of Bank Syariah Indonesia at the Palangka Raya 1 branch office as many as 268 respondents. The analytical tool used in this research is Partial Least Square (PLS) with the help of SmartPLS 3.0 software. The results of this study indicate that the marketing mix has no direct effect on consumer satisfaction. However, the marketing mix has a positive and significant effect on purchasing decisions. This study also shows that purchasing decisions have a direct effect on consumer satisfaction. The result of further research is that the marketing mix has a positive and significant effect on consumer satisfaction through mediating purchasing decision variables.

With the discovery of the mediating effect of purchasing decision variables from the marketing mix on consumer satisfaction, Bank Syariah Indonesia must always innovate to adapt to the times and maintain product quality in order to fulfill the demands of society's needs. This finding also suggests that Indonesian Islamic Banks must have quality in promoting their products so that the public can properly understand the importance of using Indonesian Islamic Bank products. Public understanding of the product will create purchasing decisions that lead to the achievement of consumer satisfaction.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:58
Last Modified: 07 Feb 2024 06:58
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item