Komodifikasi agama islam pada iklan madu hni di instagram

Annafis, Lulu Al (2022) Komodifikasi agama islam pada iklan madu hni di instagram. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI LULU AL ANNAFIS & 1803110451.pdf

Download (2MB)

Abstract

Komodifikasi agama di Indonesia kini marak terjadi. Agama kerap dilibatkan dalam setiap lini kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi. Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia memiliki potensi pasar muslim yang menjanjikan. Dalam proses pemasaran produk, tidak jarang para produsen menggunakan isu agama guna menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan untuk melihat bagaimana relasi antara agama dan marketing di Indonesia. Penelitian ini akan mengkaji tentang komodifikasi agama yang dilakukan oleh perusahaan Halal Network International (HNI). HNI adalah sebuah perusahaan yang memiliki standarisasi halal yang bergerak di bidang produk herbal. Salah satu produk HNI adalah madu. Iklan madu HNI inilah yang menjadi kajian penelitian.

Penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana hubungan antara agama dan marketing pada konteks iklan madu HNI di akun Instagram @pthpai. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes yang akan menjelaskan tentang makna dan tanda-tanda komodifikasi agama pada iklan tersebut. Adapun teori yang digunakan adalah teori komodifikasi agama dan teori Consumer Ritualized Symbolic Practice (CRSP).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komodifikasi agama pada marketing produk HNI ini adalah: 1) Pada iklan madu HNI di Instagram terdapat dua simbol agama yang dikomodifikasi, yaitu potongan ayat Al-Qur'an berupa terjemahan surah An-Nahl:69 dan kata 'halal' pada logo nama perusahaan. 2) Melalui pemaknaan tanda denotasi, konotasi, dan mitos, ayat Al-Qur’an dan kata 'halal' dimaknai sebagai ikon keagamaan yang pada konsep ini diselubungkan ke dalam pasar.

ABSTRACT

Religion commodification is frequently happen in Indonesia. Religion usually involve in every aspect of life, including in economy. Indonesia is a country with biggest muslim in the world has potential as promising muslim market. In marketing product process, often the producer used religion issue to draw consumer attention. Because of that, this research need to be done to see how is the relation between religion and marketing in Indonesia. This research will discuss about religion commodification which done by Halal Network International (HNI). HNI is an enterprise that has halal standardization which is run on herbal product. One of HNI product is honey. This honey advertisement is become focus in this research.

This research described how was the relation between religion and marketing on HNI honey advertisement on Instagram account @pthpai. This research was qualitative and used Roland Barthes semiotic analysis method that explained about the meaning and signs of religion commodification in that advertisement. Then theory that used were religion commodification and Consumer Ritualized Symbolic Practice (CRSP).

The result showed that religion commodification on HNI product marketing were: 1) HNI honey advertisement on Instagram contained two religion symbols, first was translation of Surah An-Nahl:69 and second was halal word on company name logo. 2) Through denotation, connotation, and myth that Al-Qur’an verse and halal word meant as religion icon that cover in market. This advertisement also showed commodification practice and make religion as an object that can be marketed and consumed; religion was a label and make as communication and social consumption; religion became a media to got profit in economy and psychology; and religion became rational service.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi Agama
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:42
Last Modified: 31 Jan 2024 07:42
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5306

Actions (login required)

View Item View Item