Peran guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa SD Negeri 1 Ramban Kotawaringin Timur

Awaliyah, Tuti (2022) Peran guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa SD Negeri 1 Ramban Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Tuti Awaliyah 1801112300.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan karakter yang terjadi pada siswa. Terkait permasalahan karakter itu diperlukan figur sebagai motor penggerak perubahan karakter yaitu peran guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam, strategi dan faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan karakter siswa SD Negeri 1 Ramban Kotawaringin Timur.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, tempat penelitian di SD Negeri 1 Ramban. Adapun subjek penelitian ini adalah dua orang guru PAI di SD Negeri 1 Ramban. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengabsahan data adalah triangulasi sumber dan teknik. Kemudian teknik analisis data adalah dengan cara data collection (koleksi data), data reduction (reduksi data) data display (penyajian data) dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa SD Negeri 1 Ramban Kotawaringin Timur terdapat 5 peran yaitu guru PAI sebagai pendidik membentuk karakter religius, disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai (sopan santun) melalui pengembangan nilai keteladanan guru dan menanamkan nilai-nilai keimanan dalam bentuk relasi materi PAI ke dalam bentuk contoh materi. Guru PAI sebagai pengajar membentuk karakter jujur dan mandiri melalui penyaluran serta penanaman nilai materi di dalam kelas. Guru PAI sebagai pembimbing membentuk karakter tanggung jawab, disiplin, dan kerja keras melalui kegiatan monitoring siswa dan membentuk karakter peduli lingkungan melalui kegiatan kerja bakti setiap hari sabtu. Guru PAI sebagai pemimpin ingin membentuk karakter tanggung jawab, disiplin, dan religius melalui kegiatan keagamaan dan susunan RPP. Guru PAI sebagai teladan membentuk karakter siswa disiplin dan tanggung jawab melalui guru sebagai contoh berperilaku. 2) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa SD Negeri 1 Ramban Kotawaringin Timur yaitu bimbingan moral, pemberian sangsi, dan bekerja sama dengan orang tua siswa. 3) Faktor yang mempengaruhi pembentukan dalam siswa SD Negeri 1 Ramban Kotawaringin Timur yaitu faktor biologis, faktor sosial dan faktor kebudayaan.

ABSTRACT

This research is motivated by character problems that occur in students. Regarding the character problem, a figure is needed as a driving force for character change, namely the role of the teacher. This study aims to describe the role of Islamic Religious Education teachers, strategies and factors that influence the character formation of students at SD Negeri 1 Ramban Kotawaringin Timur.

This research uses descriptive qualitative research method; the place of research is SD Negeri 1 Ramban. The subjects of this study were two PAI teachers at SD Negeri 1 Ramban. Data collection techniques using interview techniques, observation and documentation. While the data validation technique is triangulation of sources and techniques. Then the data analysis technique is by means of data collection (data collection), data reduction (data reduction), data display (data presentation) and conclusion drawing (drawing conclusions).

The results of this study indicate that: 1) The role of Islamic Religious Education teachers in shaping the character of students at SD Negeri 1 Ramban Kotawaringin Timur there are 5 roles, namely PAI teachers as educators forming religious, disciplined, responsible, and peace-loving characters (courtesy) through the development of values. Exemplary teachers and instilling faith values in the form of PAI material relations in the form of sample materials. PAI teachers as teachers form honest and independent characters through the distribution and inculcation of material values in the classroom. The PAI teacher as a mentor forms the character of responsibility, discipline, and hard work through student monitoring activities and forms a caring character for the environment through community service activities every Saturday. PAI teachers as leaders want to shape the character of responsibility, discipline, and religion through religious activities and the composition of lesson plans. PAI teachers as role models shape the character of students in discipline and responsibility through teachers as examples of behavior. 2) The strategy of Islamic Religious Education teachers in shaping the character of the students of SD Negeri 1 Ramban Kotawaringin Timur, namely moral guidance, giving sanctions, and cooperating with students' parents. 3) Factors that influence the formation of students at SD Negeri 1 Ramban Kotawaringin Timur are biological factors, social factors and cultural factors.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:58
Last Modified: 26 Jan 2024 08:58
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5280

Actions (login required)

View Item View Item