Penerapan praktik pengamalan ibadah (PPI) dengan pendekatan habits (kebiasaan) di SMP Islam terpadu Al-Ghazali Palangka Raya

Ibtidayah, Ibtidayah (2016) Penerapan praktik pengamalan ibadah (PPI) dengan pendekatan habits (kebiasaan) di SMP Islam terpadu Al-Ghazali Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ibtidayah.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebaikan itu bukan hanya perilaku sesaat tetapi sudah menjadi kebiasaan seseorang. Pembiasaan tersebut adalah dengan menciptakan suasana religius di sekolah, karena kegiatan–kegiatan keagamaan dan praktik-praktik keagamaan yang dilaksanakan secara terprogram dan rutin (pembiasaan) diharapkan dapat mentransformasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai ajaran Islam secara baik kepada siswa. Sebagi salah satu lembaga pendidikan formal SMP Islam Terpadu Al-Ghazali Palangka Raya senantiasa meningkatkan peran Pendidikan Agama Islam dalam upaya menumbuhkan kebiasaan siswa-siswi dalam beribadah. Upaya tersebut salah satunya dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan pembiasaan.

Rumusan masalah dalam peneliti ini adalah : Apa saja program Praktik Pengamalan Ibadah (PPI) di SMP Islam Terpadu Al- Ghazali Palangka Raya. Dan bagaimana pelaksanaan Praktik Pengamalan Ibadah (PPI) dengan pendekatan Habits di SMP Islam Terpadu Al-Ghazali Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan subjek data berjumlah 5 orang guru, 9 orang siswa sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang penulis terapkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 4 (empat) tahapan analisis yaitu : Data Collection (pengumpulan data), Data Reduction (pengurangan data), Data Display (menampilakan data), Conclusin data (menarik kesimpulan dari data yang diperoleh).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program PPI di SMP Islam Terpadu Al-Ghazali Palangka Raya semester ganjil kelas VII dengan materi meliputi, 1) Hafalan surah ( Ali-Imran ) dan hadits tentang keutamaan menuntut ilmu. Adapun semester genap kelas VII meliputi, hafalan surah ( Al-Mu’minum ) dan hafalan do’a akhir tahun dan awal tahun hijriah. Untuk kelas VIII semester ganjil dan genap meliputi, hafalan surah ( Ar-Rahman) , hadist adab dalam berpakaian dan do’a pada malam bulan nisyfu sya’ban. Untuk kelas IX meliputi surah ( As-Sajadah ), hadits haramnya riya dan do’a selesai sholat tarawih dan hafalan juz Amma. 2) Pelaksanaannya dimulai di pagi hari pada pukul 06:30 – 07:00 setiap hari dengan membaca, menghafal, meyetor hafalan (buku Nuansa Islam dan Juz Amma), dan sholat Dhuha. dan pukul 11:45 untuk kultum dan shalat dzuhur, setelah itu makan bersama setelah selesai sholat zhuhur, pukul 14:15 bimbingan belajar Al-Quran. Setelah itu Asholat Ashar berjamaah di kelas masing-masing. Pendekatan ini berupaya membiasakan siswa-siswi untuk berfikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntunan ajaran agama Islam serta mampu mencapai tujuan pembelajaran. Melalui pembiasaan, pembelajaran di kelas menjadi sebuah aktifitas yang menyenangkan peserta didik tidak merasa terbebani dan bosan dengan materi yang diajarkan di SMP Islam Terpadu Al-Ghazali Palangka Raya.

ABSTRACT

Good behavior becomes a habit for a person is a good character-building process in a person. So that goodness is not only behavior but has become a habit for a moment someone. Habituation is to create a religious atmosphere in the school, because religious activities and religious practices were implemented programmatically and routine (habituation) is expected to transform and internalize the values of Islam in good to students. As with one of the formal educational institutions SMP Isam Al-Ghazali Palangkaraya constantly increase the role of Islamic education in an effort to cultivate the habit of students in worship. The effort is one of them carried out by applying the approach of habituation.

The problem of this research are: Any program practice Worship Practice (PPI) in the junior class Isam Al-Ghazali IX Palangkaraya. And how the implementation of the practice of Worship Practice (PPI) with an approach integrated Habits in SMP Islam Al-Gazali class IX Palangkaraya. This study used qualitative methods, with the subject of data sources numbered 1 Islamic education teachers, five students of class IX. The data collection techniques applied writers are observation, interviews, and documentation. This study uses 4 (four) stages of analysis: Data Collection (collecting data), Data Reduction (data reduction), Data Display (menampilakan data), the data Conclusin (draw conclusions from the data obtained).

The results showed that the PPI program at the SMP Isam Al-Ghazali Palangkaraya semester of class IX are: (As-Sajadah Verses 1-15) and hadith options (illegitimate Riya ') and the second semester of class IX (As-mat Verse 16- 30) selection of prayers (Du'a After Completion prayer Terawih) and as well as memorizing Juz Amma. And the implementation of the SMP PPI Isam Al-Ghazali is the embodiment of the concept of religion in the junior high level, as the education unit that require students to be able to understand and practice the worship habits of students. PPI learning implementation approach Habits are able to develop critical thinking skills and creative in applying in everyday life. This learning seeks to familiarize students to think, behave and act in accordance with the guidance of the teachings of Islam as well as capable of achieving the learning objectives. Through habituation, learning in the classroom into a fun activity learners do not feel overwhelmed and bored with the material being taught in junior Isam Al-Ghazali Palangkaraya Its implementation started in the morning at 6:30 to 7:00 each day with reading, memorization, rote meyetor (Nuance book Islam and Juz Amma), and closed with prayer Duha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengamalan Ibadah (PPI); pendekatan habits; pembiasaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 24 May 2017 08:03
Last Modified: 24 May 2017 08:03
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item