Pengaruh kontrol diri terhadap disiplin belajar pai peserta didik SMKN 1 Katingan Kuala Kabupaten Katingan

Hasanah, Siti (2022) Pengaruh kontrol diri terhadap disiplin belajar pai peserta didik SMKN 1 Katingan Kuala Kabupaten Katingan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI SITI HASANAH. NIM. 1801112381. PRODI PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Disiplin belajar menjadikan peserta didik teratur dalam belajar sehingga menghasilkan prestasi yang baik, untuk menghasilkan prestasi yang baik tidak lepasakan adanya kualitas pengendalian diri. penelitian ini bertujuan, 1) untuk mengetahui kontrol diri peserta didik SMKN 1 Katingan Kuala Kabupaten Katingan, 2) untuk mengetahui disiplin belajar PAI peserta didik SMKN 1 Katingan Kuala Kabupaten Katingan, 3) untuk mengetahui ada pengaruh kontrol diri terhadap disiplin belajar PAI peserta didik SMKN 1 Katingan Kuala Kabupaten Katingan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 90 orang peserta didik, diambil dari populasi peserta didik SMKN 1 Katingan Kuala, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanya itu menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment.

Hasil penelitian ini menunjukkan, 1) kontrol diri peserta didik SMKN 1 Katingan Kuala Kabupaten Katingan dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 121,86 pada interval 103-126, 2) disiplin belajar PAI peserta didik SMKN 1 Katingan Kuala Kabupaten Katingan dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 121,74 pada interval 103-126, 3) ada pengaruh yang positif dan signifikansi pada kontrol diri terhadap disiplin belajar PAI peserta didik SMKN 1 Katingan Kuala Kabupaten Katingan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan diperoleh rhitung sebesar 0,764> rtabel sebesar 0,207 dan nilai sig. 0,000<0,05.

ABSTRACT

Learning discipline made students regular in learning to produce good achievements. In producing good performance, it could be separated from the quality of self-control. This study aimed: 1) to determine the self-control of students at SMKN 1 Katingan Kuala, Katingan Regency, 2) to determine student discipline in Islamic Education Learning at SMKN 1 Katingan Kuala, Katingan Regency, and 3) to determine the effect of self-control on student discipline in Islamic education learning at SMKN 1 Katingan Kuala, Katingan Regency.

This study used a quantitative method. The samples were 90 students. The samples were taken from the student population of SMKN 1 Katingan Kuala and the sampling technique used was total sampling. Data collection techniques were questionnaires and documentation. The data analysis techniques used were the validity, reliability, normality, linearity test, and then testing the hypothesis using the product-moment correlation test.

The results indicated: 1) the self-control of the students of SMKN 1 Katingan Kuala, Katingan Regency was in the high category with an average value of 121.86 in the interval 103-126, 2) the student discipline in Islamic Education learning at SMKN 1 Katingan Kuala, Katingan Regency was in the high category with an average value of 121.74 in the interval 103-126, 3) there was a positive and significant influence on self-control of student learning discipline on Islamic Education Learning at SMKN 1 Katingan Kuala, Katingan Regency. It could be seen the calculation results obtained by robserved0.764 >rtable0.207 and the sig value 0.000< 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:39
Last Modified: 26 Jan 2024 08:39
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5277

Actions (login required)

View Item View Item