Pengaruh metode berkisah melalui media visual terhadap penguasaan nilai-nilai religius di TPA Sidomulyo Palangka Raya

Maysara, Nur Winda (2022) Pengaruh metode berkisah melalui media visual terhadap penguasaan nilai-nilai religius di TPA Sidomulyo Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nur Winda Maysara & 1901110070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keingintahuan peneliti untuk mengetahui pengaruh penerapan metode berkisah melalui media visual terhadap penguasaan nilai-nilai religius pada anak di TPA Sidomulyo Palangka Raya serta didorong dari perilaku akhlak anak yang dirasa perlu perubahan dan pengupayaan dalam penguasaan nilai-nilai religius yang meliputi nilai aqidah, ibadah, aklak, dan sosial melalui metode berkisah melalui media visual. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan penerapan metode berkisah melalui media visual di TPA Sidomulyo Palangka Raya dan untuk mengetahui pengaruh metode berkisah melalui media visual terhadap penguasaan nilai-nilai religius di TPA Sidomulyo Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen serta menggunakan desain One group pre-test post-tes. Populasi yang digunakan adalah seluruh anak di TPA Sidomulyo yang berjumlah 29 orang, dikarenakan dalam penelitian ini terdapat kriteria untuk pemilihan subjek penelitian sehingga yang tergabung dalam kriteria tersebut yakni berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes penguasaan nilai-nilai religius, dan dokumentasi. Uji Validitas menggunakan bantuan SPSS 21, dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Sementara analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji N-Gain. Adapun pengujian hipotesis dilakukan dengan uji paired simple test.

Hasil penelitian ini diperoleh peningkatan kemampuan penguasaan nilai-nilai religius anak di TPA Sidomulyo Palangka Raya pada 22 anak yang diberikan perlakuan, terdapat 11 anak dalam kategori rendah (50%), 4 anak dalam kategori sedang (18%) 7 anak dalam kamtegori tinggi (32%) sehingga diketahui bahwa kategori rendah paling banyak dimiliki anak dalam uji N-Gain ternormalisasi untuk pengaruh metode berkisah melalui media visual terhadap penguasaan nilai-nilai religius. Kemudian jika dihitung rata-rata N-Gain Ternormalisasi maka dihasilkan nilai 0,34 sehingga termasuk pada kategori sedang, sementara berdasarkan hasil uji Paired Simple Test didapatkan hasil bahwa ada pengaruh metode berkisah melalui media visual terhadap penguasaan nilai-nilai religius, sehingga hipotesis yang terbukti adalah Ha yaitu terdapat pengaruh metode berkisah melalui media visual terhadap penguasaan nilai-nilai religius di TPA Sidomulyo Palangka Raya.

ABSTRACT

This study departed from curiosity to determine the effect of applying storytelling methods through visual media on the mastery of religious values in children at TPA Sidomulyo Palangka Raya and observing the behavior of children who felt the need for change and efforts in mastering religious values which included values of aqidah, worship. , morals, and social through storytelling method through visual media. The purpose of this study is to describe the application of storytelling methods through visual media in TPA Sidomulyo Palangka Raya and to determine the effect of storytelling methods through visual media on the mastery of religious values in TPA Sidomulyo Palangka Raya

This study uses a quantitative approach with experimental methods and uses a One group pre-test post-test design. The population used was all children in TPA Sidomulyo, amounting to 29 people, because in this study there were criteria for selecting research subjects so that those included in the criteria (sample) were 22 people. Data collection techniques with observation, tests of mastery of religious values, and documentation. The validity test uses the help of SPSS 21, and the reliability test uses the KR-20 formula. While the data analysis using descriptive analysis, N-Gain test, and paired sample test.

The results of this study obtained an increase in the ability to master religious values of children in TPA Sidomulyo Palangka Raya in 22 children who were given treatment, there were 11 children in the low category (50%), 4 children in the medium category (18%) 7 children in the high category ( 32%) so that it is known that the low category is mostly owned by children in the normalized N-Gain test for the effect of storytelling methods through visual media on the mastery of religious values. Then if the average normalized N-Gain is calculated, the resulting value is 0.34 so that it is included in the medium category, while based on the results of the Paired Sample Test, it is found that there is an effect of the storytelling method through visual media on the mastery of religious values, so that the hypothesis is proven is Ha, that is, there is an influence of storytelling method through visual media on the mastery of religious values in TPA Sidomulyo Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Berkisah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:35
Last Modified: 26 Jan 2024 08:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5276

Actions (login required)

View Item View Item