Pendidikan agama islam dalam keluarga Dayak Bakumpai Kelurahan Tumbang Lahung Kecamatan Permata Intan Kabupaten Murung Raya

Ilma, Mawaddahtul (2022) Pendidikan agama islam dalam keluarga Dayak Bakumpai Kelurahan Tumbang Lahung Kecamatan Permata Intan Kabupaten Murung Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI MAWADDAHTUL ILMA- 1801112332.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bangsa Indonesia yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda maka peran serta pemerintah adalah sebagai pengayom dan pelindung warganya, sekaligus sebagai penjaga tata hubungan interaksi antar kelompok-kelompok kebudayaan yang ada di Indonesia. Pendidikan agama Islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani ajaran agama Islam, dibarengi dengan tuntutan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama sehingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mendeskripsikan tentang pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga Dayak Bakumpai Kelurahan Tumbang Lahung Kecamatan Permata Intan Kabupaten Murung Raya dan 2). Mengidentifikasi kendala dan solusi Pendidikan Agama Islam dalam keluarga Dayak Bakumpai Kelurahan Tumbang Lahung Kecamatan Permata Intan Kabupaten Murung Raya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 3 orang kepala keluarga Dayak Bakumpai, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah 6 orang anak. Adapun teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber serta analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga Dayak Bakumpai ditemukan: 1). Tujuan pendidikan agama Islam dalam keluarga Dayak Bakumpai untuk menjadikan anak yang sholeh-sholehah, taat kepada Allah dan para rasulnya, serta dapat mempelajari ajaran-ajaran agama, sedangkan materi yang dilaksanakan dalam pendidikan agama Islam dalam keluarga Dayak Bakumpai adalah materi Al-Qur’an, Akidah, akhlak serta materi fikih, metode dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga menggunakan metode nasehat, metode pembiasaan dan metode keteladanan, media yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga Dayak Bakumpai yaitu: Media visual, media audio dan media audio visual 2). Adapun Kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga Dayak Bakumpai yaitu, faktor pendidikan, tidak disiplin waktu, media sosial, lingkungan. Sedangkan solusi yang ditemukan dilapangan yaitu memberi motivasi, mengantar ke TPA, membatasi bermain media sosial.

Abstract

The government's role as a protector and protector of its people, as well as the guardian of the interaction between cultural groups in Indonesia, is done by Indonesians of different cultural backgrounds. Islamic religious education is a deliberate and planned attempt to teach children to recognize, study, accept, and believe in the teachings of Islam, as well as demands to respect adherent of other religions in efforts to realise national unity and unity. In the Bakumpai Dayak family, Tumbang Lahung Village, Permata Intan District, Murung Raya Regency, this study aims to 1) describe the implementation of Islamic Religious Education in the family and 2) identify obstacles and solutions for Islamic Religious Education.

This study will employ descriptive qualitative methods, such as interviews, observations, and documentation, to collect data. The subjects of this study were three heads of Bakumpai Dayak families, with six children acting as informants. Source triangulation and data analysis are used in the data validation technique, which consists of data collect, data reduction, data display, and drawing conclusions.

The results reveal that: 1) The purpose of Islamic religious education in the Bakumpai Dayak family is to raise children who are devout, obedient to Allah and His apostles, and can learn religious teachings, The Bakumpai Dayak family uses Al-Qur'an material, includes 'an, aqidah, morals, and fiqh, in their Islamic religious education, The advice, habituation, and exemplar ways are used to implement Islamic religious education in the family, In the Bakumpai Dayak family, visual, audio, and audio visual media are used in the implementation of Islamic religious learning 2). The Bakumpai Dayak family faces challenges in establishing Islamic religious education: limited parental knowledge, There is no self discipline, Use of social media, The environment. While field options include, give motivation, deliver to landfill, and limit social media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:04
Last Modified: 24 Jan 2024 08:04
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5273

Actions (login required)

View Item View Item