Hadijah L, Hadijah L (2022) Persepsi orang tua terhadap tingkat lanjutan pendidikan anak di Kelurahan Pahandut Seberang Kota Palangka Raya (studi kasus terhadap orang tua yang memiliki anak putus sekolah). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI HADIJAH. L - 1801112314.pdf Download (1MB) |
Abstract
Persepsi orang tua terhadap pendidikan memiliki peran penting untuk keberlanjutan pendidikan anak. Banyak kasus anak putus sekolah dikarenakan kurangnya semangat dari dalam diri anak. Tujuan penelitian ini: 1. mendesripsikan persepsi orang tua terhadap tingkat lanjutan pendidikan anak; 2. faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua terhadap tingkat lanjutan pendidikan anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek terdiri dari 5 orang tua (Ibu) dan informan terdiri dari 4 orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dalam penelitian ini yaitu Triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, redukasi data, penyajikan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Persepsi orang tua terhadap tingkat lanjutan pendidikan anak mencakup: a. pemahaman orang tua terhadap pendidikan anak itu penting. b. sikap orang tua terhadap pendidikan anak cukup baik. c. Tanggapan, orang tua tentang pendidikan anak itu baik, mereka mengatakan kurangnya kemauan dalam diri anak yang membuat anak tersebut malas untuk melanjutkan sekolahnya. d.tanggung jawab, orang tua menyadari pendidikan untuk anak merupakan tanggung jawabnya. 2. Faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua terhadap tingkat lanjutan pendidikan anak ada dua faktor yaitu ekonomi dan latar pendidikan orang tua yang rendah.
ABSTRACT
Parents' perceptions of education have an important role for the sustainability of children's education. Many cases of children dropping out of school are due to a lack of enthusiasm from within the child. The aims of this study are: 1. to describe parents' perceptions of their children's continuing education level; 2. Factors that influence parents' perceptions of their child's continuing education level.
This study uses a descriptive qualitative approach. Subjects consisted of 5 parents (mother) and 4 informants. This research data collection using observation, interview and documentation techniques. Validation of the data in this study is triangulation of techniques and sources. Data analysis techniques in this study are data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing.
The results of this study indicate that: 1. Parents' perceptions of their children's advanced level of education include: a. Parents' understanding of their child's education is important. b. The attitude of parents towards children's education is quite good. c. The response, parents about the child's education is good, they say the lack of will in the child that makes the child lazy to continue his schooling. d. responsibility, parents are aware that education for their children is their responsibility. 2. There are two factors that influence parents' perceptions of the level of continued education of their children, namely the economy and the low educational background of parents.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Orang Tua |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 04:26 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 07:43 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5266 |
Actions (login required)
View Item |