Kontribusi kompetensi kepribadian guru pai terhadap motivasi belajar siswa dalam menghadapi ujian sekolah di SMP NU Kota Palangka Raya

Aldianor, Ahmad (2022) Kontribusi kompetensi kepribadian guru pai terhadap motivasi belajar siswa dalam menghadapi ujian sekolah di SMP NU Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Ahmad Aldianor - 1801112294.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keingintahuan untuk mengukur dan mengetahui seberapa besar dan apa saja kontribusi kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa dalam menghadapi ujian sekolah di SMP NU Palangka Raya. Kontribusi merupakan sumbangan atau keikutsertaan yang dilakukan seseorang guru terhadap sesuai sehingga memiliki dampak yang negatif maupun positif dari tindakan yang dilakukan. Motivasi belajar siswa merupakan sebuah dorongan dalam diri seorang siswa yang dengannya bisa membuat gairah untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana kontribusi kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa dalam menghadapi ujian sekolah di SMP NU Kota Palangka Raya. (2) Apa saja jenis-jenis kontribusi kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa dalam menghadapi ujian sekolah di SMP NU Kota Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi/campuran (mixed methods). Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 9 SMP NU Kota Palangka Raya yaitu berjumlah 79 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling total (sensus). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data untuk penelitian kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial serta rumus koefisien determinasi untuk menghitung besaran kontribusi variabel x terhadap variabel y. Selanjutnya untuk analisis data data kualitatif menggunakan data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing/verification.

Berdasarakan penelitian yang dilakukan, bahwasannya hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi yang signifikan dari kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa dalam menghadapi ujian sekolah. Kontribusi dari kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa dalam menghadapi ujian sekolah di SMP NU Kota Palangka Raya memperoleh hasil Sumbangan Efektif atau kontribusi variabel x terhadap variabel y sebesar 33,9%. (2) Jenis-jenis kontribusi kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa dalam menghadapi ujian sekolah di SMP NU Kota Palangka Raya diantaranya dengan pemberian pujian, pemberian nasehat serta pelaksanaan kegiatan keagamaan (Isthighosah).

ABSTRACT

This research departs from curiosity to measure and find out how much and what are the contributions of PAI teachers' personality competencies to students' learning motivation in facing school exams at SMP NU Palangka Raya. Contribution is a contribution or participation made by a teacher to suit so that it has a negative or positive impact on the actions taken. Student learning motivation is an encouragement in a student with which he can create passion to achieve the desired learning goals. This study aims to determine: (1) How the contribution of the personality competence of PAI teachers to students' learning motivation in facing school exams at SMP NU Palangka Raya City. (2) What are the types of contribution of the personality competence of PAI teachers to students' learning motivation in facing school exams at SMP NU Palangka Raya City.

This research uses a combination approach (mixed methods). The population used was all 9th grade students of SMP NU Palangka Raya, which amounted to 79 people. The sampling technique used is total sampling (census). Data collection techniques using questionnaires, interviews, observation and documentation instruments. Then the data analysis technique for quantitative research uses descriptive statistical analysis and inferential analysis as well as the coefficient of determination formula to calculate the amount of the contribution of variable x to variable y. Furthermore, for data analysis qualitative data using data collection, data reduction, data display and conclusion drawing/verification.

Based on the research conducted, the results of the study show that: (1) There is a significant contribution of the personality competence of PAI teachers to students' learning motivation in facing school exams. The contribution of the personality competence of PAI teachers to students' learning motivation in facing school exams at SMP NU Palangka Raya City obtained the results of Effective Contribution or the contribution of variable x to variable y was 33.9%. (2) The types of contribution of the personality competence of PAI teachers to students' learning motivation in facing school exams at SMP NU Palangka Raya include giving praise, giving advice and carrying out religious activities (Isthighosah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Guru PAI; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:55
Last Modified: 23 Jan 2024 03:55
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5261

Actions (login required)

View Item View Item