Norvia, Lia (2022) Pengaruh penerapan pendekatan learning by doing terhadap rasa kepercayaan diri siswa SDN 3 Tangkiling Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI_LIA NORVIA & 1901111159.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana penerapan pendekatan learning by doing dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa, pengaruh penerapan pendekatan learning by doing terhadap rasa kepercayaan diri siswa dan problem dan solusi dari penerapan pendekatan learning by doing dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa kelas V SDN 3 Tangkiling Kota Palangka Raya pada mata pelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi/ campuran (mixed methods). Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V yang beragama Islam, dengan sampel berjumlah 8 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 100 responden, maka teknik sampel yang digunakan adalah sampling total (sensus). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, serta koefisien determinasi untuk analisis data kuantitatif dan untuk kualitatif menggunakan data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan pendekatan learning by doing dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa diterapkan dengan baik diketahui melalui hasil perhitungan sebesar 4.15 termasuk dalam kategori penerapan tinggi. 2) Regresi linier sederhana menunjukan bahwa nilai sig 0,001 < 0,05, yang artinya bahwa ada pengaruh secara signifikan antara penerapan pendekatan learning by doing terhadap rasa kepercayaan diri siswa kelas V SDN 3 Tangkiling Kota Palangka Raya mata pelajaran PAI. 3) Problem dan solusi dari penerapan pendekatan learning by doing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa antara lain ialah: Adanya perasaan ragu atau tidak yakin, takut dan mengungkapkan pendapat, minder dan grogi, selama pandemi covid waktu pembelajaran menjadi lebih singkat, ilmu pengetahuan yang kurang. Dengan soulusi menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, membimbing siswa yang kesulitan, memotivasi siswa, memberikan hadiah, memberikan selingan berupa tepuk-tepukan dan game, mengatur jadwal sesuai jadwal yang ditetapkan di sekolah, memberikan pembelajaran yang dikemas menarik, dan mengajak siswa untuk beraktivitas langsung, mengulas kembali materi yang disampaikan.
ABSTRACT
This study aims to find out: How is the application of the learning by doing approach in increasing students' self-confidence, the effect of applying the learning by doing approach to students' self-confidence and the solution of applying the learning by doing approach in increasing the self-confidence of fifth grade students at SDN 3 Tangkiling Kota. Palangka Raya on PAI subjects.
This research uses a combination approach (mixed methods). The population used is all fifth grade students who are Muslim, with 8 samples found. Because the population is less than 100 respondents, the sampling technique used is total sampling (census). Data collection techniques using questionnaires and interviews, observation and documentation with data analysis techniques using the product moment correlation formula, as well as the coefficient of determination for quantitative and qualitative data analysis using data collection, data reduction, data display and drawing conclusions/verification.
The results showed that: 1) The application of the learning by doing approach in increasing students' self-confidence was implemented well through a calculation of 4.15 included in the high application category. 2) Simple linear regression shows that the value of sig is 0.001 <0.05, which means that there is a significant influence between the application of the learning approach by doing it on the self-confidence of the fifth grade students of SDN 3 Tangkiling Palangka Raya City in PAI subjects. 3) Problems and solutions from the application of the learning by doing approach in increasing students' self-confidence, among others: There is a feeling of doubt or uncertainty, fear and expressing opinions, insecure and nervous, during the covid pandemic the learning time becomes shorter, knowledge is lacking. With solutions, creating a pleasant learning atmosphere, guiding students who are having difficulties, providing motivation, giving prizes, giving interludes in the form of clapping and games, arranging schedules according to the schedule set at school, attractively packaged learning, and inviting students to direct activities, reviewing the material. delivered.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan diri siswa; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 03:41 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 03:43 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5259 |
Actions (login required)
View Item |