Arsiyah, Arsiyah (2022) Peran guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran bagi siswa MAN Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI ARSIYAH - 1801112258.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari pentingnya peran guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Guru memiliki peranan yang besar terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. peningkatan kualitas pembelajaran tersebut akan lebih memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dengan baik, dengan kualitas yang baik mata pelajaran peminatan keagamaan akan memberikan motivasi kepada siswa agar animo belajar siswa lebih tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran bagi siswa MAN Kotawaringin Timur dan upaya guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran bagi siswa MAN Kotawaringin Timur.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini 3 orang guru (guru ushul fikih, bahasa arab, ilmu tafsir dan ilmu hadis) dengan informan 6 orang siswa dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan analisis data berupa data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan dalam peningkatan kualitas pembelajaran bagi siswa MAN Kotawaringin Timur diantaranya: 1) sebagai pengajar guru menyampaikan materi sesuai kurikulum, membimbing dan mengarahkan siswa. 2) sebagai motivator guru memberikan semangat dengan kata-kata motivasi, pujian, menggunakan metode yang menarik, memanfaatkan tekonologi, mengadakan kompetisi dan meningkatkan kualitas guru. 3) sebagai teladan guru menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik dan melakukan hal-hal positif. 4) sebagai administrator guru mencatat setiap perkembangan siswa, hasil belajar dan keaktifan siswa. 5) sebagai evaluator guru mengumpulkan data dan informasi sebelum melakukan tindak lanjut dan menyiapkan pertanyaan atau soal untuk menilai hasil belajar siswa dan remedial. Adapun upaya yang sudah dilakukan guru untuk peningkatan kualitas pembelajaran yaitu: 1) mengadakan permainan saling lempar pertanyaan antar siswa, menggunakan metode diskusi, membagi kelompok untuk membuat makalah dan mempresentasikannya, berpenampilan menarik dan sopan. 2) menggunakan metode diskusi dan praktek, memberikan pertanyaan yang HOTS dan menyiapkan beberapa persoalan (LKS) dalam bentuk lembar diskusi online dan mengajukan pertanyaan yang bersifat mengkritisi. 3) menggunakan metode diskusi, menggunakan media Al-Qur’an dan buku ilmu hadis, membangun komunikasi yang baik, selalu melibatkan siswa, memahami setiap perilaku siswa dan selalu memberi dukungan.
ABSTRACT
The importance of teachers in improving the quality of learning is not examined in the study. Teachers play a critical role in better learning quality. Improving the quality of learning will make it easier for students to grasp the lesson, and religious specialization subjects of high quality will encourage students, improving their interest in learning.
The purpose of this research is to determine the role of teachers in improving the quality of learning for students at MAN Kotawaringin Timur, as well as teachers' efforts to improve the quality of learning for students at MAN Kotawaringin Timur.
Qualitative research methods were used in this study. Teachers (ushul fiqh teachers, Arabic language, interpretation science, and hadith science) with six students and the principal as informants were the subjects of this study. Interviews and documentation are used to collect data. Source triangulation is a data validation technique. Data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing/verification were all part of the data analysis.
The study's findings reveal that the teacher has a role in boosting the quality of learning for students at MAN Kotawaringin Timur, including: 1) delivering material according to the curriculum, teaching and instructing students. 2) As a motivator, the teachers give encouragement by words of motivation, praise, innovative methods, technology, competitions, and the growth of teacher quality. 3) As a role model, the teacher shows positive attitudes, personality, and activities. 4) As administrator, the teacher keeps track of each student's progress, learning outcomes, and activity. 5) As an evaluator, the instructor gathers data and information before following up with questions or inquiries to assess student learning outcomes and remedial needs. The teacher's efforts to improve the quality of learning include: 1) playing in which students toss questions at each other, using the discussion method, dividing groups to create papers and present them in an attractive and polite manner. 2) Using discussion and practice methods, such as asking HOTS questions and preparing several problems (LKS) in the form of online discussion sheets, as well as asking critical questions. 3) Using the discussion method, using the Qur'an and hadith science books as media, building effective communication, always involving students, understanding each student's behavior, and always providing support.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pembelajaran |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 08:23 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 08:23 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5258 |
Actions (login required)
View Item |