Penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca alquran Pada mahasiswa baru di IAIN Palangka Raya

Rizkan, Nor Fahmi (2022) Penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca alquran Pada mahasiswa baru di IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI NOR FAHMI RIZKAN & 1801112425.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membaca Alquran sesuai dengan makhraj dan ilmu tajwid, dengan bacaan Alquran yang baik, mahasiswa akan mampu memahami kaidah ilmu tajwid sehingga dapat memudahkan dalam melafalkan huruf-huruf yang ada dalam kitab Alquran.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Alquran mahasiswa secara klasikal; 2) Penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Alquran mahasiswa secara individual; 3) Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran membaca Alquran dengan penerapan metode tilawati bagi mahasiswa baru IAIN Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua BMQ IAIN Palangka Raya dengan informan yang berjumlah 13 orang yaitu ketua panitia tilawati, tutor BMQ tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 6 orang dan mahasiswa tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pengabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Sedangkan analisis data dalam penelitian berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Alquran pada mahasiswa baru di IAIN Palangka Raya adalah: 1) Penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Alquran mahasiswa secara klasikal dilakukan dalam tiga tahapan kegiatan meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun tiga teknik pembelajaran membaca Alquran secara klasikal, yaitu tutor membaca mahasiswa mendengarkan, kemudian tutor membaca mahasiswa menirukan bacaan tutor, kemudian tutor dan mahasiswa membaca bersama-sama; 2) Penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Alquran mahasiswa secara individual menggunakan teknik baca simak serta dalam proses pembelajaran membaca Alquran dengan teknik baca simak ini, mahasiswa tidak membaca satu halaman secara langsung, melainkan mahasiswa membaca satu baris secara bergiliran, yaitu mahasiswa pertama membaca baris pertama, mahasiswa kedua membaca baris kedua pada halaman, begitu pun selanjutnya sampai mahasiswa terakhir ; 3) Terdapat beberapa kendala dalam penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Alquran pada mahasiswa baru di IAIN Palangka Raya, di samping itu juga terdapat upaya yang dilakukan dalam mengatasi beberapa kendala dalam penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Alquran pada mahasiswa baru di IAIN Palangka Raya.

ABSTRACT

This research is motivated by the importance of reading the Quran in accordance with makhraj and tajwid science, with good Quranic reading, students will be able to understand the rules of tajwid science so that it can make it easier to recite the letters in the Quran.
This study aims to describe: 1) The application of the tilawati method in learning to read the Quran classically; 2) Application of the tilawati method in learning to read the Quran individually; 3) Obstacles faced in learning to read the Quran with the application of the tilawati method for new students of IAIN Palangka Raya.

This research uses qualitative methods. The subjects in this study were the head of BMQ IAIN Palangka Raya with 13 informants, namely the head of the tilawati committee, BMQ tutors for the 2021/2022 academic year totaling 6 people and students for the 2021/2022 academic year totaling 6 people. Data collection techniques in this study used observation, interviews, and documentation. The data validation in the study uses triangulation techniques and sources. Meanwhile, data analysis in research is in the form of data collection, data reduction, data presentation, and conclusions / verification

The results of this study show that the application of the tilawati method in learning to read the Quran to new students at IAIN Palangka Raya is: 1) The application of the tilawati method in learning to read the Quran classically is carried out in three stages of activities including opening activities, core activities, and closing activities. As for the three learning techniques of reading the Quran classically, that is, the student reading tutor listens, then the student reading tutor imitates the tutor's reading, and the tutor and the student read together; 2) The application of the tilawati method in learning to read the Quran, students individually use the reading technique and in the learning process of reading the Quran with this reading technique, students do not read one page directly, but students read one line in turn, namely the first student reads the first line, the second student reads the second line on the page, and then until the last student; 3) There are several obstacles in the application of the tilawati method in learning to read the Quran to new students at IAIN Palangka Raya, in addition there are also efforts made in overcoming several obstacles in the application of the tilawati method in learning to read the Quran to new students at IAIN Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran membaca Al-Qur'an; Metode Tilawati
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
TAJUK SUBJEK ISLAM > Al-Qur'an dan Ilmu yang berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:40
Last Modified: 18 Jan 2024 07:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item