Efektifitas penggunaan strategi pembelajaran card sort dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qu’an pada anak di TPA Sidomulyo Kota Palangka Raya

Fajri, Nadira (2022) Efektifitas penggunaan strategi pembelajaran card sort dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qu’an pada anak di TPA Sidomulyo Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI NADIRA FAJRI & 1901110098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keingintahuan untuk mengukur dan mengetahui keefektifan strategi pembelajaran dalam mengajar materi pembelajaran al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan cara melakukan penelitian eksperimen dengan strategi yang belum pernah dilaksanakan sebelumnya di tempat penelitian yaitu strategi pembelajaran card sort pada anak di TPA Sidomulyo kota Palangka Raya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses penggunaan strategi card sort pada anak di TPA Sidomulyo kota Palangka Raya. (2) Mengetahui efektifitas dari penggunaan strategi card sort dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada anak di TPA Sidomulyo kota Palangka Raya.

Penelitian menggunakan pendekatan penelitian yaitu metode penelitian mix method, metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dalam penggunaan strategi card sort, sedangkan kuantitatif digunakan untuk mencari hasil nilai menggunakan pretest dan postest. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi langsung, pretest dan postest dan teknik analisis data diuji dengan uji normalitas, uji paired sample test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan strategi pembelajaran card sort dapat membuat suasana kelas lebih aktif dari yang pasif, tidak monoton dan membuat anak mengingat materi-materi pembelajaran yang telah dijelaskan. (2) Telah diperoleh nilai signifikasinya 0,200 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Selanjutnya data diuji dan hasil yang didapatkan dari uji paired sample test yaitu sebesar 0,00 > 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat keefektifan yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran card sort dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an.
ABSTRACT

This study departed from curiosity to measure and find out the effectiveness of learning strategies in teaching al-Qur'an learning materials in improving the ability to read the Qur'an by conducting experimental research with strategies that have never been carried out before in the research place, namely the card sort learning strategy. to children at the Sidomulyo TPA, Palangka Raya.

This study aims to determine: (1) the process of using the card sort strategy in children at TPA Sidomulyo, Palangka Raya city. (2) Knowing the effectiveness of using the card sort strategy in improving the ability to read the Koran in children at the Sidomulyo TPA, Palangka Raya city.

The research used a research approach, namely the mix method research method, qualitative research methods were used to describe the implementation of the card sort strategy, while quantitative was used to find the results using pretest and posttest. Data collection techniques used documentation, direct observation, pretest and posttest and data analysis techniques were tested with normality test, paired sample test.
The results showed that: (1) The use of card sort learning strategies can make the classroom atmosphere more active than passive, not monotonous and make children remember the learning materials that have been explained. (2) The significance value of 0.200 > 0.05 has been obtained. So it can be concluded that the residual value is normally distributed. Furthermore, the data is tested and the results obtained from the paired sample test are 0.00 > 0.05, so it can be concluded that there is a significant effectiveness of using the card sort learning strategy in improving the ability to read the Qur'an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran ;
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:37
Last Modified: 18 Jan 2024 07:37
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item