Arini, Silvia (2022) Hubungan penerapan contextual teaching and learning (ctl) pelajaran pai dengan motivasi belajar siswa di SMAN 5 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI SILVIA ARINI - 1801112371.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan.
Rumusan masalah penelitian ini : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran PAI? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas X IPA dan X IPS 1 saat kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)? 3) Apakah ada hubungan antara penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan motivasi belajar siswa kelas X IPA dan X IPS 1?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 48 orang siswa. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji hipotesis menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penerapan CTL di kelas X IPA dan X IPS 1 pada pembelajaran PAI tidak semua sintaks CTL diterapkan, yaitu dari 7 sintaks yang ada pada teori hanya 3 sintaks saja yang diterapkan oleh subjek yakni learning community, bertanya, dan modelling. Penerapan CTL oleh subjek termasuk kategori cukup dengan nilai rata-rata 67%. 2) motivasi belajar siswa kelas X dari 48 responden memiliki nilai rata-rata 76,0% dengan kategori tinggi. 3) hubungan variabel X dan variabel Y saat uji normalitas mendapat hasil yang tidak normal (sig<0,200), sehingga dilanjutkan dengan uji korelasi spearman lalu didapat nilai hubungan antara kedua variabel 0,316 dan nilai sig.0,794 (sig>0,05) yang artinya tidak terdapat hubungan antara kedua variabel, dengan demikian maka keputusan yang diambil adalah Ha ditolak dan Ho diterima.
ABSTRACT
Education is a conscious and planned effort to create learning conditions and process for students to actively develop their potential to have religious spiritual strength, self-control, personality, and good character and skill needed.
The research problems are 1) How to implement the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model in Islamic Education? 2) How is the students’ learning motivation in class X IPA and X IPS 1 in the learning process using Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model? 3) Is there any correlation between Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model with students’ learning motivation in class X IPA and X IPS 1?
This research used a quantitative approach. The samples were 48 students. Data analysis used to test the hypothesis was the prerequisite test including the normality test and hypothesis test using correlation product moment.
The results showed that 1) the implementation of CTL in Class X IPA and X IPS 1 on Islamic Education learning, not all CTL syntaxes have been implemented, from seven syntaxes only three syntaxes have been implemented like learning community, asking, and modeling. The implementation of CTL learning by subjects was in the moderate category with an average score of 67%. 2) The students’ learning motivation in class X from 48 respondents was in the high category with an average score of 76%. 3) The correlation of variables X and Y when normality test, the result was not normal (sig, < 0.200), so continued with the spearman correlation test and acquired a correlation score between two variables 0.316 and sig.score 0.794 (sig. score > 0.05) meant that there was no correlation between two variables, so the Ha accepted and Ho rejected.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 06:47 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 06:47 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5247 |
Actions (login required)
View Item |