Pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Asmaul Husna Palangka Raya

Sari, Yuliana (2022) Pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Asmaul Husna Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI YULIANA SARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan nilai agama dan moral pada diri anak merupakan salah satu aspek yang harus distimulasi sejak usia dini agar anak kelak menjadi orang yang mempunyai nilai agama dan moral yang baik. Penanaman nilai agama dan moral ini memerlukan dukungan dari pihak orang tua, lembaga pendidikan maupun lingkungan sekitar anak. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) Pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Asmaul Husna Palangka Raya dan 2) Metode mengembangkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Asmaul Husna Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek pada penelitian ini adalah 13 orang anak kelas B3 dengan krikteria sudah bisa menghafalkan Surah Al-Fatihah, Surah Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq, Surah An-Nas, niat berwudhu, doa sesudah berwudhu, dan satu orang guru kelas. Sedangkan informan penelitian adalah satu orang guru pendamping kelas dan kepala sekolah RA Asmaul Husna Palangka Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Asmaul Husna Palangka Raya dilaksanakan sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. 2) Metode pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Asmaul Husna Palangka Raya dalam pelaksanaannya menggunakan metode bermain, metode bercerita, metode nasihat, metode penghargaan dan hukuman, metode pembiasaan, dan metode bernyanyi.

ABSTRACT

The development of religious and moral values in children is a feature that must be encouraged from a young age in order for children to grow up to be persons with good religious and moral values. Parents, educational institutions, and the child's environment must all work together to instill religious and moral ideals. The purpose of this research is to describe 1) Development of religious and moral values for children between the ages 5-6 years at RA Asmaul Husna Palangka Raya, and 2) Methods for developing religious and moral values for children aged 5-6 years at RA Asmaul Husna Palangka Raya.

This study uses a qualitative descriptive method, the subjects in this study were 13 B3 grade children who met the requirements of being able to memorize Surah Al-Fatihah, Surah Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq, Surah An-Nas, intention to conduct ablution, prayer after ablution, and one class teacher. Meanwhile, the research informant was RA Asmaul Husna Palangka Raya school's head and a class assistant teacher. In this survey, the method of collecting data was observation, interview, and documentation, and the verification method was source triangulation and technical triangulation. The data analysis process was then broken down into four stages: data gathering, data reduction, data presentation, and data verification.

The findings revealed that: 1) in RA Asmaul Husna Palangka Raya, the formation of religious and moral values for children aged 5-6 years was carried out in compliance with the Child Development Achievement Level Standard. 2) At RA Asmaul Husna Palangka Raya, the play technique, storytelling method, counsel method, reward and punishment method, habituation method, and singing method were used to build religious and moral values for children aged 5-6 years.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Nilai agama; Anak usia dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:00
Last Modified: 17 Jan 2024 04:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5242

Actions (login required)

View Item View Item