Anjarwati, Rita Ashari (2022) Penggunaan media boneka tangan pada pembelajaran bahasa indonesia kelas i di SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI RITA ASHARI ANJARWATI & 1701170108.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas I yang masih malu-malu dan tidak percaya diri didepan orang-orang baru. Ketika siswa memperkenalkan diri, siswa akan cenderung tidak percaya diri, hal inilah yang membuat guru kelas I menggunakan media boneka tangan untuk menarik perhatian siswa dan memberikan rangsangan kepada siswa agar lebih percaya diri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan media boneka tangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun; (2) Mengetahui kemampuan menyimak siswa kelas I pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun; (2) Mengetahui kemampuan berbicara siswa kelas I pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan subjek peneletian guru kelas I dan siswa kelas I, sedangkan yang menjadi informan yaitu kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses penerapan media boneka tangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun adalah mempersiapkan terlebih dahulu bahan ajar maupun media boneka tangan. Guru akan terlebih menggunakan media boneka tangan guna memperagakan cara pakai media boneka tangan tersebut. Guru dan siswa dapat menggunakan media boneka tangan dengan baik, media boneka tangan digunakan untuk memperkenalkan diri, bernyanyi dan bercerita; (2) Kemampuan menyimak siswa kelas I pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun mampu menarik perhatian siswa karena bentuknya menyerupai siswa dan guru yang terkesan lucu. Dengan menggunakan media boneka tangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa lebih mudah untuk memahami materi pembelajaran, lebih aktif mengikuti kegaitan pembelajaran, kreatif dalam menuangkan ide-ide, dan merasa senang serta semangat dalam mengikuti pembelajaran; (3) Kemampuan berbicara siswa kelas I pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun siswa mampu untuk menggunakan media boneka tangan dengan percaya diri. Siswa berbicara dengan baik dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik. Siswa dengan percaya diri maju ke depan kelas dan mengenalkan dirinya dengan tetap menggunakan media boneka tangan. Penggunaan media boneka tangan terhadap siswa sebagai alat siswa memperkenalkan diri. Siswa menggerakkan media boneka tangan dengan baik dan menceritakan dirinya dihadapan teman-temannya yang lain.
ABSTRACT
This research was motivated by first grade students who were still shy and not confident in front of new people. When students introduce themselves, students tend to be insecure, this is what makes first grade teachers use hand puppet media to attract students' attention and provide stimulation to students to be more confident.
This study aims to (1) determine the application of hand puppet media in learning Indonesian at SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun; (2) Knowing the listening ability of class I students in learning Indonesian at SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun; (2) Knowing the speaking ability of class I students in learning Indonesian at SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun.
This study used a descriptive qualitative method, with the research subject being class I teachers and class I students, while the informant was the principal. Data collection techniques in research using observation, interviews, and documentation.
The results showed that (1) The process of applying hand puppet media in Indonesian language learning at SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun was to prepare teaching materials and hand puppet media in advance. The teacher will primarily use the hand puppet media to demonstrate how to use the hand puppet media. Teachers and students can use hand puppet media well, hand puppet media are used to introduce themselves, sing and tell stories; (2) The ability to listen to class I students in learning Indonesian at SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun is able to attract students' attention because its shape resembles that of students and teachers who seem funny. By using hand puppet media in Indonesian language learning, it is easier for students to understand the learning material, more active in participating in learning activities, creative in expressing ideas, and feeling happy and enthusiastic in participating in learning; (3) The speaking ability of class I students in learning Indonesian at SDN 8 Madurejo Pangkalan Bun, students are able to use hand puppet media with confidence. Students speak well and use good Indonesian. Students confidently come to the front of the class and introduce themselves by continuing to use hand puppet media. The use of hand puppet media for students as a tool for students to introduce themselves. Students move the hand puppet media well and tell themselves in front of their other friends.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 02:48 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 02:48 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5226 |
Actions (login required)
View Item |