Mulandari, Asri (2022) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di kelas v MIN 2 Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI Asri Mulandari & 1701170081.pdf Download (1MB) |
Abstract
MIN 2 Kota Palangka Raya pada masa Covid-19 menggunakan pembelajaran jarak jauh dengan aplikasi e-learning madrasah dan Whatsapp group yang digunakan guru untuk media komunikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran jarak jauh di kelas V MIN 2 Kota Palangka Raya. 2. mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di kelas V MIN 2 Kota Palangka Raya. 3. mengetahui dan mendeskripsikan evaluasi pembelajaran jarak jauh di kelas V MIN 2 Kota Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan subjek yaitu 4 orang guru wali kelas V dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data, analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran tematik pada pembelajaran jarak jauh di kelas V MIN 2 Kota Palangka Raya menyusun RPP daring 1 lembar dan mempersiapkan media pembelajaran sebelum pembelajaran berlangsung. 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik pada pembelajaran jarak jauh di kelas V MIN 2 Kota Palangka Raya menggunakan aplikasi e-learning madrasah dan whatsapp group sebagai penghubung komunikasi antara guru dengan wali murid dan siswa. Metode yang digunakan guru yaitu penugasan dan ceramah. dan 3) Evaluasi pembelajaran tematik pada pembelajaran jarak jauh di kelas V MIN 2 Kota Palangka Raya dilakukan dengan pengumpulan tugas dan penilaian oleh guru.
ABSTRACT
MIN 2 Palangka Raya City during the Covid-19 period used distance learning with madrasa e-learning applications and Whatsapp groups used by teachers for communication media.
This study aims to: 1. identify and describe distance learning planning in class V MIN 2 Palangka Raya City. 2. know and describe the implementation of distance learning in class V MIN 2 Palangka Raya City. 3. know and describe the evaluation of distance learning in class V MIN 2 Palangka Raya City.
This study used a descriptive qualitative method, with the subject being 4 homeroom teachers for fifth grade and the deputy head of the madrasah curriculum as informants. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The validation of the data used is triangulation of data sources, data analysis using the Miles and Huberman model.
The results showed that: 1) Planning thematic learning in distance learning in class V MIN 2 Palangka Raya City compiled a 1 sheet online lesson plan and prepared learning media before learning took place. 2) Implementation of thematic learning in distance learning in class V MIN 2 Palangka Raya City using madrasa e-learning applications and whatsapp groups as communication liaisons between teachers and guardians of students and students. The method used by the teacher is assignments and lectures. and 3) Evaluation of thematic learning in distance learning in class V MIN 2 Palangka Raya City is carried out by collecting assignments and assessing by the teacher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Jarak Jauh |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 03:47 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 03:47 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5218 |
Actions (login required)
View Item |