Model problem based learning berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan mahasiswa (studi kualitas perairan di Sungai Sebangau Kereng Bengkirai)

Qamalliyah, Raudatul (2022) Model problem based learning berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan mahasiswa (studi kualitas perairan di Sungai Sebangau Kereng Bengkirai). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI RAUDATUL QAMALLIYAH & 1801140506.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari kondisi pembelajaran Matakuliah Mikrobiologi, Prodi Tadris Biologi Semester 5 Palangka Raya yang masih menggunakan model pembelajaran yang belum mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan mahasiswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum, dan pengaruh penerapan model PBL berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan mahasiswa dalam materi uji kualitas air.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi Eksperiment) berupa bentuk desain Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data keterampilan berpikir kritis pada penelitian ini diambil dari hasil tes objektif, sedangkan data sikap peduli lingkungan diambil dari hasil angket dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan berpikir kritis mahasiswa sebesar 83,5% menunjukkan kategori yang sangat tinggi dan sikap peduli lingkungan mahasiswa sebesar 70,75% menunjukkan kategori yang baik pada mahasiswa Prodi Tadris Biologi semester 5. (2) Terdapat pengaruh model PBL berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan pada materi uji kualitas air dengan nilai thitung>ttabel yaitu 4,866>2,026 dan 2,806>2,026. Temuan yang diperoleh dari penelitian ialah dengan menggunakan pembelajaran model PBL berbasis praktikum dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan indikator yang mendominasi memberikan penjelasan sederhana, meningkatnya sikap peduli lingkungan dengan hasil angket indikator bijaksana dalam menggunakan SDA dan hasil observasi indikator menghargai kesehatan kebersihan, membuat mahasiswa aktif untuk memecahkan permasalahan, memperoleh kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dan memberikan efek positif terhadap hasil belajar.

ABSTRACT

The research background come from learning condition when microbiology course, Biology Education Fifth Semester in IAIN Palangka Raya that still used learning model which not develop yet critical thinking skill and environmental care. Research objectives was to know students’ critical thinking skill and environmental care used Problem Based Learning (PBL) based on practical work, and the influence of implement PBL learning based on practical work toward students’ critical thinking skill and environmental care in testing the water quality material.

This research applied quantitative approach and Quasi Experiment with Nonequivalent Control Group Design which involved experimental and control group. Critical thinking skill data taken from objective test result, while environmental care data taken from questionnaire and observation result.

The results showed that: (1) Students’ critical thinking skill got 83.5 in very high category and environmental care got 70.75% in good category on Fifth semester biology students. (2) There was an influence of PBL model based on practical work toward critical thinking skill and environmental care on water quality testing with tobserved > ttable or 4.866 > 2.026. Finding that got from this research if used PBL learning model based on practical work can improve critical thinking skill with an indicator that dominated by given simple explanation, improvement the environmental care can be seen from questionnaire result of indicator become wise to used natural resources and observation result indicator with appreciate the clean, health, and make students became more active to solve the problem, gained an opportunity to convey their argument and gave positive effect toward learning outcome.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mikrobiologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:28
Last Modified: 09 Jan 2024 03:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5212

Actions (login required)

View Item View Item