Hamidinnor, Hamidinnor (2022) Kaligrafi dan resepsi estetika (studi living qur’an terhadap tulisan khaṭ pada Masjid Raya Nurul Islam dan Masjid Darut Taqwa Kota Palangka Raya). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI HAMIDINNOR & 1803130075.pdf Download (4MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci yang menjadi pedoman umat Islam dalam menjalani kehidupan. Al-Qur’an sebagai pedoman dan kitab suci umat Islam bukan hanya difahami dalam konteks penafsiran (kontekstual), tetapi juga diresepsi dan dipresepsikan oleh umat Islam dalam bentuk estetika.
Penelitian ini membahas tentang living Qur’an yaitu tentang resepsi estetika yang hadir dalam bentuk kaligrafi pada dua masjid yaitu Masjid Raya Nurul Islam dan Masjid Darut Taqwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk resepsi estetika serta ayat-ayat apa saja dan apa alasan ayat digunakan pada kaligrafi di kedua masjid.
Penelitian ini merupakan studi living Qur’an dengan pendekatan etnografi al-Qur'an. penelitian ini mengunakan teori resepsi al-Qur’an yaitu resepsi estetika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dalam kategori field research, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan terhadap sembilan informan inti yaitu Bapak P (ketua takmir), MS (penulis kalgrafi), AA (penulis kaligrafi), AM (jama’ah), N (marbot masjid), S (jama’ah), S (ketua masjid), MS (penulis kaligrfi) dan J (marbot masjid).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kaligrafi di kedua masjid berjenis kaligrafi dekoratif. Bentuk resepsi estetika terdapat pada unsur-unsur kaligrafi meliputi desain, ornamen, warna dan jenis khaṭ yang digunakan. Keindahan desain terdapat pada komposisi, harmoni dan kesatuan. Komposisi desain dibentuk dengan menyatukan warna, desain dan ornamen. Keindahan ornamen terdapat pada proporsi, dominasi dan harmoni. Ornamen yang digunakan dibentuk dengan proporsional sehingga memiliki kesan kesatuan dan harmoni. Keindahan warna terdapat pada perpaduan antara komposisi dan dominasi. Keindahan jenis tulisan terdapat pada komposisi, proporsi dan konsistensi. khaṭ yang digunakan dibentuk dengan proporsi dan konsisten. Pemilihan ayat yang digunakan pada kaligrafi di Masjid Raya Nurul Islam adalah ayat-ayat yang biasa didengar jama’ah sehingga dipilihlah ayat-ayat QS. Ya>>sin, al-Mulk al-Wa>qiah, ar-Rahmān dan surah lainnya. Ayat yang digunakan pada kaligrafi di Masjid Darut Taqwa berdasarkan keterbacaan dan bermakna ibadah agar dapat memotivasi jama’ah melalui kaligrafi, diantaranya adalah QS. al-Insa>n ayat 26, Luqman ayat 17 dan ayat lainnya.
Abstract
Al-Qur'an is a holy book that guides Muslims in living life. The Qur'an as a guideline and holy book for Muslims is not only understood in the context of interpretation (contextual), but is also perceived and perceived by Muslims in aesthetic and functional forms.
This study discusses the living Qur'an, namely about aesthetic receptions that are present in the form of calligraphy at two mosques, namely the Great Mosque of Nurul Islam and Darut Taqwa Mosque. The purpose of this study was to find out how the aesthetic reception forms as well as what verses and what the reasons for the verses were used in calligraphy in the two mosques. This research is a study of the living Qur'an with an ethnographic approach to the Qur'an.
This study uses the reception theory of the Koran, namely aesthetic receptions. This type of research is research in the category of field research, data collection uses interview, observation, and documentation techniques. Data was collected on nine core informants, namely Mr. P (chairman of takmir), MS (calligrapher writer), AA (calligraphy writer), AM (jama'ah), N (mosque leader), S (jama'ah), S (chairman of the mosque). mosque), MS (calligraphy writer) and J (marbot of the mosque).
The results of this study indicate that the calligraphy in both mosques is of the type of decorative calligraphy. The form of aesthetic reception is found in calligraphy elements including designs, ornaments, colors and the type of style used. The beauty of design lies in composition, harmony and unity. The design composition is formed by combining colors, designs and ornaments. The beauty of ornament lies in proportion, dominance and harmony. The ornaments used are shaped proportionally so that they have the impression of unity and harmony. The beauty of color lies in the combination of composition and dominance. The beauty of this type of writing lies in its composition, proportion and consistency. The khaṭ used is shaped with proportions and is consistent. The selection of verses used in calligraphy at the Great Mosque of Nurul Islam are verses that are commonly heard by the congregation so that the QS verses are chosen. Ya>>sin, al-Mulk al-Wa>qiah, ar-Rahman and other suras. The verse used in calligraphy at Darut Taqwa Mosque is based on legibility and means worship in order to motivate the congregation through calligraphy, including QS. al-Insa>n verse 26, Luqman verse 17 and other verses.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kaligrafi Al-Qur'an |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Islam (Umum) > Islam dan Kesenian |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Jurusan Ushuluddin > Program Studi Ilmu al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 07:44 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 07:44 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5194 |
Actions (login required)
View Item |