Kausar, Zulfia (2022) Pandangan ulama terhadap peran serta orang tua dalam penyelesaian konflik rumah tangga anak di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI Ira Zulfia Kausar & 1802110640.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh presepsi anak sebagai pasangan suami istri terhadap peran serta orang tua dalam penyelesaian konflik rumah tangga di Kota Palangka Raya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yang pertama adalah pandangan ulama terhadap peran serta orang tua sebagai ḥakam dalam penyelesaian konflik rumah tangga anak. Lalu rumusan masalah yang kedua adalah pandangan ulama terhadap dampak peran serta orang tua dalam penyelesaian konflik rumah tangga anak. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian empiris dengan menganalisa dan mengkaji pandangan ulama terhadap peran orang tua sebagai ḥakam dan dampak yang ditimbulkan dari peran orang tua terhadap rumah tangga anaknya. Selain itu dalam penelitian ini dilakukan pengamatan keadaan sosial antara realita yang terjadi dengan perilaku manusia melalui pendekatan socio legal research untuk mengkaji kecocokan antara pandangan ulama dengan realita di lapangan terhadap peran orang tua dalam menyelesaikan konflik rumah tangga anaknya. Adapun hasil penelitian dengan teori penyelesaian konflik mengenai peran orang tua sebagai ḥakam dalam menyelesaikan konflik rumah tangga anak terbagi menjadi dua pandangan yaitu membolehkan dan tidak membolehkan. Pandangan membolehkan adalah ḥakam yang memutuskan dan ḥakam yang tidak boleh memutuskan. Selain itu untuk hasil penelitian mengenai dampak peran orang tua yang dikaji melalui teori ishlãh dan maṣlaḥah terbagi menjadi dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif adalah konflik terselesaikan dan memahami karakter pasangan. Sedangkan dampak negatif adalah merusak keharmonisan rumah tangga dan menyalahkan peran orang tua.
ABSTRACT
This research is motivated by the perception of children as a married couple towards the role of parents in resolving household conflicts in Palangka Raya City. The formulation of the problem in this study, the first is the scholars' views on the role of parents as ḥakam in resolving children's household conflicts. Then the second problem formulation is the scholars' view of the impact of parents' participation in resolving children's household conflicts. The research method in this study is a type of empirical research by analyzing and examining the views of scholars on the role of parents as ḥakam and the impact caused by the role of parents on their children's households. In addition, this research observes the social situation between the reality that occurs and human behavior through a socio legal research approach to examine the compatibility between the views of scholars and the reality in the field of the role of parents in resolving their children's household conflicts. The results of research with conflict resolution theory regarding the role of parents as ḥakam in resolving children's household conflicts are divided into two views, namely allowing and not allowing. The permissible view is the ḥakam who decides and the ḥakam who may not decide. In addition, the results of research on the impact of the role of parents studied through the theory of ishlãh and maṣlaḥah are divided into positive impacts and negative impacts. The positive impact is resolving conflicts and understanding the character of the spouse. While the negative impact is damaging household harmony and blaming the role of parents.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konflik rumah tangga |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012828 Islamic Family Issues & Mediation/Arbitration |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Syariah > Program Studi Hukum Keluarga Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 03:59 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 03:59 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5166 |
Actions (login required)
View Item |