Desain pelatihan dalam mengurangi kecemasan sosial pada mahasiswa berkepribadian introvert dengan teknik behavioral rehearsal

Hardiansyah, Fathoni (2022) Desain pelatihan dalam mengurangi kecemasan sosial pada mahasiswa berkepribadian introvert dengan teknik behavioral rehearsal. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Fathoni - 1803120034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa yang memiliki kecemasan sosial akan mempengaruhi aktivitas perkuliahan dan juga aktivitas sehari hari, mahasiswa yang mengalami kecemasan sosial saat menjalani perkuliahan mengakibatkan melemahnya kemampuan mengingat, kesulitan untuk fokus dan performa akademik yang buruk. Tidak sampai disitu saja kecemasan sosial bahkan juga berdampak pada hubungan sosial, kesuksesan dalam pekerjaan, serta aktivitas sehari harinya. Penelitian ini ingin mengkaji bagaimana desain pelatihan untuk mengurangi kecemasan sosial pada mahasiswa berkepribadian introvert dengan menggunakan teknik behavioral rehearsal.

Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan Desain Research And Development atau penelitian pengembangan. Penelitian ini melakukan pengembangan desain pelatihan dengan tekhnik behavioral rehearsal dengan langkah-langkah yang sudah ditetapkan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data studi literature, desain peroduk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk/desain. Proses validasi desain dilakukan oleh 3 validator ahli yang berkompeten dalam bidang bimbingan dan konseling. Adapun peserta dalam penelitian ini berjumlah 10 orang mahasiswa IAIN Palangka Raya dalam kriteria memiliki kecemasan sosial dengan kepribadian introvert.

Hasil penelitian akseptabilitas/keberterimaan validator ahli didapatkan skor penilaian 88% dengan kriteria sangat baik dengan sedikit revisi hal ini menunjukan bahwa desain yang telah dirancang telah sesuai, adapun skor penilaian akseptabilitas/keberterimaan yang didapatkan dari peserta pelatihan yaitu 90,5% dengan kriteria sangat baik tanpa revisi hal ini menunjukan bahwa desain yang diberikan kepada peserta berdasarkan lembar evaluasi bahwa peserta dapat memahami, merasa senang dan nyaman, serta akan menerapkan teknik pernapasan dan prilaku baru. Desain pelatihan yang dikembangkan untuk mengurangi kecemasan sosial pada mahasiswa berkepribadian introvert ini layak dan bisa digunakan dengan beberapa revisi.

ABSTRACT

Students who have social anxiety will affect lecture activities as well as daily activities. Students who experience social anxiety while undergoing lectures could weaken memory skills, have difficulty focusing and have poor academic performance. Not only that, social anxiety even affects social relationships, success in work, and daily activities. This study wanted to examine how training design reduces social anxiety in students with introverted personalities using behavioral rehearsal techniques.

This study used the research and development method. This study developed a training design using behavioral rehearsal techniques with predetermined steps, namely potential and problems, collecting literature study data, product design, design validation, design revision, and product/design trials. The design validation process was carried out by 3 expert validators who are competent in the field of guidance and counseling. The participants in this study were 10 students of IAIN Palangka Raya with the criteria of having social anxiety with an introverted personality.

The result of this study was acceptability/acceptance of expert validators obtained an assessment score of 88% with very good criteria with slight revisions. It showed that the design was appropriate, while the acceptability/acceptance assessment score obtained from the training participants was 90.5% with very good criteria without revision. It also showed that the design was given to participants based on an evaluation sheet. Participants could understand, feel happy and comfortable, and apply new breathing techniques and behaviors. The training design developed to reduce social anxiety in introverted students was decent and could be used with some revisions.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian; Kecemasan sosial; Psikologis
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Filsafat Islam > Psikologi Agama Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam > Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:39
Last Modified: 14 Dec 2023 08:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5127

Actions (login required)

View Item View Item