Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatkan penjualan barang dagang di Toko Buccheri Kota Sampit tahun 2016-2020

Melyani, Melyani (2022) Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatkan penjualan barang dagang di Toko Buccheri Kota Sampit tahun 2016-2020. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Melyani - 1704140039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Biaya promosi adalah pengorbanan ekonomis yang menjadi beban perusahaan untuk melaksanakan kegiatan promosinya. Sehingg diharapkan dapat meningkatkan penjualan barang terutama di toko Buccheri kota Sampit. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh biaya promosi terhadap penjualan di toko Buccheri pada tahun 2016-2020.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data biaya promosi dan penjualan toko Buccheri Kota Sampit Tahun 2016-2020 yang bersumber dari laporan keuangan dan sampel berjumlah 60 data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi menggunakan SPSS 26.0 dan teknik analisis menggunakan regresi linear sederhana.

Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000. Dari hasil perbandingan nilai signifikan adalah 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara variabel biaya promosi (X) dengan variabel penjualan (Y). Serta koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,191 yang mengartikan bahwa pengaruh variabel bebas (pengaruh biaya promosi) terhadap variabel terikat (Penjualan) adalah sebesar 19,1%, sedangkan sisanya 80,9% dipengaruhi oleh variabel yang lain. Jadi, ini di kategorikan memiliki pengaruh rendah.

ABSTRACT

Promotional costs are economic sacrifices that are the burden on the company to carry out its promotional activities. So it is expected to increase sales of goods, especially in the Buccheri store in Sampit city. The purpose of this study was to analyze the effect of promotional costs on sales in Buccheri stores in 2016-2020.

This research uses a quantitative approach. With the type of field research (field research). The population in this study is all data on the cost of promotion and sales of Buccheri sampit city stores in 2016-2020 sourced from financial statements and a sample of 60 data. Meanwhile, the data analysis technique used is correlation analysis using SPSS 26.0 and the analysis technique uses simple linear regression.

The results of the correlation analysis showed that the significant value was 0.000. From the results of the comparison of significant values is 0.000 which is less than 0.05. Thus, Ho was rejected and Ha was accepted, meaning significant. This shows that there is a relationship between the promotional cost variable (X) and the sales variable (Y). As well as the coefficient of determination (R Square) of 0.191 which means that the influence of the free variable (the influence of promotional costs) on the bound variable (Sales) is 19.1%, while the remaining 80.9% is influenced by other variables. So, this is categorized as having a low influence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:32
Last Modified: 13 Dec 2023 04:46
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5110

Actions (login required)

View Item View Item