Pengaruh integritas, independensi, dan profesionalisme terhadap literasi keuangan mahasiswa program studi akuntansi syariah di IAIN Palangka Raya

Lotfian, Hidayat (2022) Pengaruh integritas, independensi, dan profesionalisme terhadap literasi keuangan mahasiswa program studi akuntansi syariah di IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI HIDAYAT LOTFIAN & 1804140098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa merupakan aset bagi sebuah negara. Sebagian besar mahasiswa mengelola sendiri keuangannya pada masa perkuliahan tanpa adanya pengawasan dari orang tua. Mahasiswa harus bisa mengatur keuangannya dengan baik dan bertanggung jawab atas keputusan yang dibuatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar integritas, independensi, dan profesionalisme berpengaruhsecaraparsialmaupunsimultanterhadapliterasikeuanganmahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah di IAIN PalangkaRaya.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis IslamIAINPalangkaRayaProgramStudiAkuntansiSyariahangkatantahun2017- 2019 yang berjumlah 208 orang mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 68 mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah angkatan tahun 2017-2019 yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan batas toleransi 10%. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS25.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel integritas berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa ditunjukkan dengan nilai Thitung>Ttabelsebesar5,909>1,668dengannilaiSignifikansisebesar0,000<0,05. Variabel independensi berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap literasi keuanganmahasiswaditunjukkandengannilaiThitung>Ttabelsebesar0,394<1,668 dengan nilai Signifikansi sebesar 0,695 > 0,05. Variabel profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa ditunjukkan dengan nilai Thitung> Ttabelsebesar 3,125 > 1,668 dengan nilai Signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Variabel integritas, independensi, dan profesionalismeberpengaruhsecarasimultanterhadapliterasikeuanganmahasiswa ditunjukkan dengan nilai Fhitung> Ftabelsebesar 38,324 > 2,74 dengan nilai Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi menunjukkan hasil variabel independen, yaitu integritas, independensi, dan profesionalisme mampu menjelaskan variabel dependen, yaitu literasi keuangan mahasiswa sebesar 64,2% dan sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk di dalam modelregresi.

ABSTRACT

Students are assets for a country. Most students manage their own finances duringthelecturewithoutanysupervisionfromtheirparents.Studentsmustbeable to manage their finances well and be responsible for the decisions they make. This study aims to determine how much integrity, independence, and professionalism partially or simultaneously affect the financial literacy of students of the Islamic Accounting Study Program at IAIN PalangkaRaya.
This research is ex post facto research with a descriptive quantitative approach.Thetypesofdatainthisstudyareprimarydataandsecondarydatawith data collection methods using the questionnaire method. The population of this research is active students at the Faculty of Islamic Economics and Business IAIN Palangka Raya, Islamic Accounting Study Program class of 2017-2019, totaling 208 students. The research sample was 68 students of the 2017-2019 Islamic Accounting Study Program which were taken using the proportionate stratified random sampling technique. Determination of the number of samples using the Slovin formula with a tolerance limit of 10%. The data analysis method used is the Multiple Linear Regression Analysis method using the SPSS 25.0 .program.

The results showed that the integrity variable had a positive and significant effect on students' financial literacy as indicated by the value of Tcount > T table of5.909>1.668withasignificancevalueof0.000<0.05.Theindependentvariable has an effect but is not significant on student financial literacy as indicated by the valueofTcount>Ttableof0.394<1.668withasignificancevalueof0.695>
0.05.Theprofessionalismvariablehasapositiveandsignificanteffectonstudents' financial literacy as indicated by the value of Tcount > T table of 3.125 > 1.668 with a significance value of 0.003 <0.05. The variables of integrity, independence, and professionalism have a simultaneous effect on student financial literacy as indicatedbythevalueofFcount>Ftableof38.324>2.74withasignificancevalue of 0.000 <0.05. The results of the coefficient of determination show that the independent variables, namely integrity, independence, and professionalism are able to explain the dependent variable, namely student financial literacy of 64.2% and the remaining 35.8% is influenced by other variables that are not included in the regressionmodel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan;
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:05
Last Modified: 13 Dec 2023 04:44
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item View Item