Pengaruh segmentasi pasar terhadap strategi peningkatan nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya

Mulyanti, Sri (2022) Pengaruh segmentasi pasar terhadap strategi peningkatan nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI SRI MULYANTI & 1804110327.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Strategi Peningkatan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang palangka raya 1. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Segmentasi Pasar dan Strategi Peningkatan Nasabah.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan kuesioner. Sampel dan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan bank yang berjumlah 34 orang/responden. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 25. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik kuesioner. Tekhnik pengolahan data menggunakan skala likert. Dalam menganalisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji heteroskedastisitas) serta menggunakan analisis data (uji R (koefesien determinasi), uji t dan uji regresi linier sederhana).

Hasil analisis data dalam penelitian menunjukkan bahwa variabel segmentasi pasar (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan nasabah (Y). Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukan nilai Adjusted R Squer sebesar 0,173 yang berarti bahwa 17,3% Strategi Peningkatan Nasabah di pengaruhi oleh Segmentasi pasar.

ABSTRACT

This study aims to determine the Influence of Market Segmentation Customer Improvement Strategy of Bank Syariah Indonesia Branch Office Palangkaraya 1. The variables used in this research are Market Segmentation and Customer Improvement Strategy.

This type of research is quantitative research. Data was collected by means of observation, documentation and questionnaires. The sample and population used in this study were bank employees, totaling 34 people/respondent. The data analysis technique used in this study was simple linear regression analysis with the help of SPSS version 25. The data collection technique in this study used a questionnaire technique. Data processing techniques using a Likert scale. In analyzing the data using prerequisite tests (normality test and heteroscedasticity test) and using data analysis (R test (coefficient of determination), t test and simple linear regression test).

The results of data analysis in this study indicate that the market segmentation variable (X) has a positive and significant effect on increasing customers (Y). The results of the coefficient of determination (R2) show the Adjusted R Squer value of 0.173 which means that 17.3% of the Customer Improvement Strategy is influenced by market segmentation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Segmentasi Pasar; Bank Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:14
Last Modified: 12 Dec 2023 08:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5105

Actions (login required)

View Item View Item